Fokus Kab Pangandaran Pemerintahan Sosial

Kabupaten Pangandaran Butuh Tambahan Penyuluh Agama Islam Non PNS

Reporter:Zaenal Abidin

PANGANDARAN FOKUSPRIANGAN.ID – Penyuluh agama, dalam hal ini agama Islam terdiri dari Penyuluh Agama Islam Fungsional dan Penyuluh Agama Islam Non PNS.

Komar Ismail, Kasi Bimas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pangandaran, menjelaskan Penyuluh Agama adalah seorang yang diberi tugas tanggungjawab dan wewenang oleh Pemerintah untuk melaksanakan bimbingan keagamaan, penyuluhan pembangunan melalui bahasa agama kepada kelompok sasaran.

“Di Kabupaten Pangandaran, untuk Penyuluh Agama Islam Non PNS ada delapan puluh satu orang, sedangkan untuk Penyuluh Fungsional ada tujuh belas orang,” kata Komar, Rabu (14/10/2020).

Komar mengatakan, walaupun sudah ada delapan puluh satu orang PAI Non PNS yang tersebar di sepuluh Kecamatan di wilayah Kabupaten Pangandaran, pihaknya mengaku masih membutuhkan PAI Non PNS tambahan.

“Jadi ketentuan dari pusat, per satu Kecamatan dapat delapan orang PAI, jadi kalau sepuluh Kecamatan dapat delapan puluh PAI plus satu jadi total delapan puluh satu orang. Dengan jumlah Desa di Pangandaran, idealnya kita masih kurang dua belas orang penyuluh lagi,” jelas Komar.

Kemudian Komar menjelaskan, siapapun boleh mengikuti seleksi untuk menjadi Penyuluh Agama Islam Non PNS. Dengan syarat, calon memiliki kompetensi ilmu keagamaan semisal mampu membaca dan memahami Alquran. Memiliki kompetensi komunikasi yakni mampu berceramah dan berkhutbah serta memiliki kompetensi sosial yang meliputi cakap dalam bermasyarakat, berakhlak mulia dan aktif berorganisasi.

“Untuk masa kerja memang ada perubahan, yang sebelumnya hanya tiga tahun sekaramg menjadi lima tahun. Adapun untuk honor PAI Non PNS sebesar satu juta rupiah per bulan,” tuturnya.

Menurut Komar, PAI non PNS memiliki peran penting, mereka adalah ujung tombak Kemenag dalam mensyiarkan ajaran Islam dan program-program instansi dengan ikhlas beramal di tengah-tengah masyarakat.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter