FOKUS SUKABUMI Sosial

Rusunawa ASN di Palabuhanratu Jadi Opsi Ruang Isolasi Pasien Positif Covid-19

Reporter: Rusdi

SUKABUMI.FOKUSPRIANGAN.ID – Rumah susun sewa (Rusunawa) Aparatur Sipil Negera (ASN) yang berlokasi di Jalan Drs. H. Djaenudin KM. 1.5 Palabuhanratu, Desa Cimanggu, Kecamatan Palabuhanratu menjadi opsi ruang isolasi pasien positif Covid-19. Data terbaru perkembangan Covid-19 Kabupaten Sukabumi, pasien positif Covid-19 berjumlah 294 orang. Dengan rincian, 47 pasien isolasi di rumah sakit, 32 pasien isolasi mandiri, 211 dinyatakan sembuh dan 4 pasien meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Harun Alrasyid mengungkapkan, pihaknya masih mengkaji kesiapan Rusunawa ASN untuk digunakan sebagai tempat isolasi pasien Covid-19.
“Pengkajian sudah kami lakukan, tinggal mempersiapkan saja apakah itu mau digunakan atau tidak. Tapi, tentunya juga harus dilihat daripada aspek kemudahannya, aspek kemudahan dari segi transportasinya, aspek kemudahan dari segi sarana dan prasarananya dan lainya,” kata Harun.

Harun juga menyebut, ruang isolasi pasien Covid-19 di RSUD Sekarwangi dan RSUD Palabuhanratu sudah terisi 80 persen. Namun begitu, jika lonjakan pasien terus meningkat tidak menutup kemungkinan Rusunawa digunakan tempat isolasi. “Kalau dilihat dari ketersediaan tempat tidur yang bagi isolasi memang baru diangka 80 persen terisi, masih ada di angka 20 persen, bahkan ada rumah sakit yang tempat tidur 12 baru ada terisi satu,” sebutnya.

Sementara itu, Asep Suherman, Kepada Bidang Pelayanan Medis RSUD Sekarwangi mengungkapkan, Ruang isolasi di RSUD Sekarwangi Cibadak bahkan dilaporkan sempat penuh hingga hari Kamis, 1 Oktober 2020. “Sempat penuh, tapi sekarang udah ada lagi karena banyak juga pasien terkonfirmasi yang dinyatakan sembuh dan pulang ke rumah masing-masing,” tandasnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter