FOKUS SUKABUMI Sosial

HMJ – UIN Banten, Gelar Dukungan Psikososial Di Desa Pesawahan Cicurug Sukabumi

Reporter : Nur Azizah

SUKABUMI, FOKUSPRIANGAN, ID – HMJ bimbingan konseling islam (BKI), UIN Banten mengadakan kegiatan sosial yang disebut “Dukungan Psikososial” di Desa Pesawahan Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi yang diadakan bertepatan dengan Hari Kesehatan Mental Sedunia. Minggu (11/10/2020).

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberi motivasi dan semangat kepada para korban bencana di Sukabumi dan memberikan bantuan material kepada mereka.

“Dukungan psikososial ini adalah sebuah program dimana kita selain daripada membantu warga ataupun saudara kita yang terkena bencana kita juga memberikan motivasi dan semangat kepada keluarga kita ataupun saudara kita yang terkena bencana agar selalu semangat dan optimis menjalankan hidupnya” paparnya Rico pada Sabtu 10 Oktober 2020 kepada awak media.

Kegiatan ini dilaksanakan dari jauh hari dengan adanya penggalangan donasi terlebih dahulu dalam bentuk uang dan barang. Lalu mahasiswa BKI berangkat dari Serang ke Sukabumi pada hari sebelum kegiatan dilaksanakan hingga acara inti pada tanggal 10 oktober pukul 9 pagi. Kegiatan ini diisi dengan pembagian hadiah, penampilan badut fino untuk menghibur anak-anak dan yang terakhir sesi foto, kegiatan ini juga dibantu oleh banyak pihak diantaranya UKM UBC (Unis Bikers Community) Universitas Sekh Yusuf Tangerang, GRI (Ghost Rider Tangerang) DPD Tangerang, Insan Pembangunan Tangerang, dan Pemuda Campbawel.

Kegiatan ini menargetkan anak-anak sebagai prioritas dukungan psikososial yang harus segera ditangani agar bencana yang telah mereka lewati tidak menjadi trauma yang berkepanjangan, ketika ditanya tentang tanggapan dari kegiatan ini Saputra Heri Setiawan selaku ketua DPD Tanggerang menjawab

“Saya lihat anak-anak antusias, mereka terhibur dan termotivasi juga. Mungkin pembelajaran untuk kita juga tanpa harus adanya bencana mungkin anak-anak yang ada di daerah kita atau diseluruh Indonesia juga bisa kita bantu dengan dukungan moril walaupun tanpa materi,” ucapnya

Kegiatan dukungan psikososial ini berjalan lancar dengan keantusiasan anak-anak di Desa Pesawahan, dan diharap mampu menyembuhkan luka dan trauma anak-anak agar tak berpengaruh untuk masa depannya nanti. Seperti perkataan Muhammad Afridho selaku ketua UBC (Unis Bikers Community).

“Untuk kita semua semangat terus buat kedepannya, jangan berhenti untuk berbuat baik karena hal inilah yang paling dibutuhkan oleh seluruh masyarakat di Indonesia,” tandasnya.
EDITOR:Aan.SGT

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter