Fokus Cianjur Sosial

Pembangunan Tempat Pengolahan Limbah Domestik Sanimas Citarum Harum Sektor 12 Hampir Rampung

Reporter: Andri.S

KAB.CIANJUR.FOKUSPRIANGAN.ID – Pembangunan tempat Pengolahan Air Limbah Domestik Sanitasi Masyarakat (Sanimas) Citarum Harum atau dapat di sebut juga IPAL (Instalansi Pengolahan Air Limbah) Komunal di Wilayah Satgas Citarum Harum Sektor 12 Sub Sektor 3 sudah hampir rampung. Ada empat Desa yang mendapatkan Program Sanimas di wilayah tersebut, yaitu Desa Sukagalih, Desa Cijagang, Desa Cinangsi, dan Desa Sukamulya.

Hal ini di benarkan Tfl (Tenaga Fasilitator Lapangan) Hilman , Hilman menjelaskan.” Iya ada empat Desa di wilayah Citarum Harum Sektor 12 yang mendapat Program Sanitasi Masyarakat, yaitu Desa Sukagalih, Desa Cinangsi, Desa Cijagang,Dan Desa Sukamulya, namun saya hanya mendampingi tiga Desa Saja, Desa Cijagang, Desa Cinangsi, Desa Sukagalih dan Untuk Desa Sulamulya TFL nya Itu Sodara Deden” Tandas Hilman di Lokasi Pembangunan Ipal Komunal Desa Cijagang, Kecamatan Cikalongkulon, Senin, (05/10/20).

Lanjut Hilman.” Pelaksana program tersebut, pembangunannya di lakukan oleh KSM ( Kelompok Swadaya Masyarakat ) yang kemudian nantinya di serahkan kepada KPP. Dan sekarang sudah hampir rampung mudah mudahan saja selesai sebelum waktu yang telah ditentukan.” Katanya.

Masih kata Hilman.” Program Sanitasi Masyarakan ( Sanimas ) merupakan program yang di gagas pemerintah dalam percepatan penanggulangan pencemaran dan kerusakan daerah aliran sungai dalam mengatasi permasalahan yang ada di Sungai Citarum.

Sanimasi Masyarakat ( Sanimas ) merupakan sarana untuk mengolah limbah cair, baik itu limbah dari air cucian atau kamar mandi yang digunakan masyarakat secara bersama sama.

Komponen dalam Pembangunan Pengolahan Limbah Domestik terdiri dari Unit Pengolahan limbah, jaringan perpipaan yang terhubung dari rumah, bak kontrol atau lubang perawatan.” Paparnya.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter