Fokus Cianjur Sosial

Pembangunan TPS 3R Citarum Harum Di Wilayah Sektor 12 Dirasa Sangat Efisien dan Efektif

Reporter: Andri.S

KAB.CIANJUR.FOKUSPRIANGAN.ID
– Pembangunan TPS 3R Citarum Harum di wilayah Sektor 12 Sub sektor 4 tepatnya di kampung Ciangsana, Desa Mande, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur dirasa sangat efektip untuk mengatasi sampah yang ada di wilayah tersebut.

Hal ini di ungkapkan Ketua KSM, Ahmad Eli kepada awak media, dirinya mengatakan.” Iya kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah dalam Program TPS3R Citarum Harum dan alhamdulilah warga masyarakat Mande sangat mendukung program ini, karena program ini saya kira sangat efektif dan efisien dalam penanganan sampah diwilayah Desa Mande. ” Katanya, Sabtu, (03/10) di lokasi pembangunan.

Lanjut Eli.” Saya berharap dengan adanya pembangunan TPS 3R ini warga akan lebih sadar dengan kebersihan, jadi nanti setelah pembangunan ini rampung warga tidak lagi membuang sampah sembarangan tetapi nanti akan di kumpulkan dan ditarik petugas agar di olah terlebih dahulu, untuk kemudian hasil olahan sampah tersebut menjadi pupuk yang dapat dimanfaatkan para petani.” Ucapnya.

Eli menyebutkan bahwa pembangunan TPS 3R dengan Lebar 10 meter dan panjang 20 meter itu di bangun di atas tanah Desa yang di hibahkan.

” Pembangunan TPS 3R ini di bangun di atas tanah Desa yang dihibahkan, dan untuk bangunannya itu panjang 10 meter dan lebar 20 meter, untuk luas tanah yang di hibahkan, karena TPS3R membutuhkan tempat luas maka tanah Desa yang dihibahkan itu 200 m2.” jelasnya.

Diwaktu yang sama di ungkapkan Petugas Fasilitator Lapangan ( TFL ) Budi Yana, kepada awak media menerangkan bahwa Pembangunan menggunakan anggaran pendapatan dan belanja negara ( APBN ) melalui kementrian PUPR dengan memakai biaya 600 juta dalam satu unit bangunan itu, pengerjaannya kini sudah mencapai 57 % tahap 2 (dua).

” Pembangunan TPS 3R ini pembangunannya sudah mencapai 57% tahap 2 (dua), dan di harapkan nanti warga masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik.” Singkatnya.

Masih kata Budi.” Program TPS 3R ini merupakan salah satu program Citarum Harum dalam percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan daerah aliran sungai citarum. ” tandasnya.

Budi memaparkan, bahwa TPS 3R (Reduce, Resuse,Recycle) adalah sistem pengolahan sampah dengan inovasi teknologi mesin pencacah sampah dan pengayak kompos yang lebih efektif dan efisien. Hasil pengolahan sampah organik berupa kompos digunakan untuk pupuk tanaman.

Mesin pencacah dengan modifilasi pada pisau dapat mudah memotong sampah yang berukuran panjang, itulah yang menjadi keunggulan teknologi di TPS 3R.” Papar Budi.

Sambung Budi.” Keunggulan lainnya dengan modifikasi berupa ulir yang digunakan untuk mempermudah pengayakan sampah serta kompos yang di hasilkan dari mesin tersebut berkualitas.”Pungkasnya.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter