Fokus Kota Tasik Sosial

Kemenaker RI Luncurkan Bantuan Program JPS Covid-19

Reporter : Redaksi

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Dalam rangka meringankan beban masyarakat di tengah situasi pandemi Covid-19, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) meluncurkan Program Jaring Pengaman Sosial (JPS) dampak Covid-19 di salah satu hotel ternama di bilangan Jalan Yudanegara Kota Tasikmalaya, Sabtu (03/10/2020).

Pada kegiatan peluncuran program JPS ini dirangkaikan pula dengan penyerahan bantuan bagi kelompok masyarakat di 6 Provinsi terpilih secara daring. Bantuan ini diberikan kepada 1000 kelompok masyarakat dengan besarnya bantuan yang diberikan sebesar Rp 39 juta/ kelompok masyarakat.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan peluncuran ini ada sebanyak 1000 orang, 50 peserta hadir langsung, dan 950 peserta lainnya mengikuti secara daring.

Menteri Ketenagakerjaan DR Hj Ida Fauziyah M.Si dalam sambutan yang disampaikan secara virtual menyampaikan pandemi covid 19 tidak saja berdampak pada persoalan kesehatan saja, tetapi juga berdampak melemahnya perekonomian. Oleh karenanya untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak, Pemerintah meluncurkan Program Jaring Pengaman Sosial.

“Program Jaring Pengaman Sosial ini dikhususkan bagi masyarakat yang membuat kelompok untuk berwirausaha, dimana sebelumnya ikut terdampak jadi pengangguran akibat Civid-19. Karya yang dihasilkan para kelompok masyarakat ini nantinya diharapkan dapat berkembang pesat dan dapat bersaing di pasar bebas. Dengan adanya jiwa wirausaha ini diharapkan pula bisa membuka peluang kesempatan kerja bagi orang lain di lingkungan sekitarnya,” kata Ida

Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta dan PKK) Suhartono menuturkan bahwa pihaknya dalam penciptaan dan perluasan kesempatan kerja akan terus berperan aktif.

“Walaupun kita saat ini tengah terjadi pandemi, jangan sampai ide-ide kreatif dan inovatif juga tidak ada. Tapi harus lebih, karena melalui ide-ide tersebut, kita yakin masih banyak saudara-saudara kita yang menganggur dan korban PHK akibat Covid-19 yang kini beralih profesi menjadi wirausaha baru yang memanfaatkan platform wirausaha online atau startup business Kemenaker melalui Direktorat Pengembangan dan Perluasan Kesempatan Kerja sampai dengan tanggal 2 Oktober 2020 telah menyalurkan bantuan kepada 1875 Kelompok Wirausaha dengan melibatkan 39.700 orang dan 1091 kelompok padat karya dengan melibatkan 21.820 orang. Penerima bantuan tersebut nantinya mendapatkan pembekalan berkelanjutan dan didampingi langsung dari Kemenaker,” ujarnya.

Sementara, Sekda Kota Tasikmalaya Drs H Ivan Dicksan Hasannudin M Si menyampaikan adanya peluncuran JPS pihaknya mengapresiasi karena program ini diyakini akan dapat memberikan dampak positif yang sangat besar untuk keberlangsungan hidup masyarakat, khususnya masyarakat yang berada di Kota Tasikmalaya.

“Terkait dengan program Jaring Pengaman Sosial (JPS) Covid-19 perlu kami sampaikan bahwa – Subsidi yang mendapatkan upah dibawah Rp 5 juta, bahwa Kota Tasikmalaya melalui BPJS Ketenagakerjaan telah mengusulkan calon penerima sebanyak 20.221 orang -Kartu Prakerja, data penerima kartu prakerja Kota Tasikmalaya sebanyak 8.187 orang. -Padat Karya kepada kelompok masyarakat, Kota Tasik telah menerima program padat karya sebanyak dua kelompok dengan jumlah sebanyak 50 anggota, Kota Tasikmalaya pun telah mendapat pelatihan tenaga kerja mandiri sebanyak 6 kelompok dengan jumlah sebanyak 120 anggota,” katanya.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter