Fokus Kota Tasik Pemerintahan

Walikota Berharap Tim Kementerian Kesehatan RI Dapat Membantu Penanganan DBD di Kota Tasikmalaya

Reporter : H Amir

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Walikota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman menerima kunjungan kerja tim Investigasi Kasus Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di Ruang Rapat Walikota, Rabu (16/09/2020).

Walikota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman menyampaikan pembangunan di bidang kesehatan di Indonesia saat ini mempunyai beban ganda. Yang mana penyakit infeksi menular ini masih memerlukan perhatian yang sangat besar.

” Pembangunan Kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional, karena itu merupakan upaya dalam memajukan bangsa. Untuk mempercepat keberhasilan pembangunan kesehatan diperlukan adanya suatu kebijakan pembangunan kesehatan yang lebih dinamis dan proaktif dengan melibatkan semua faktor yang terkait,” jelasnya

Yang menjadi salah satu prioritas nasional pengendalian penyakit menular di Indonesia termasuk di Kota Tasikmalaya adalah penyakit Demam Berdarah Dengue, lanjutnya.

“Penyakit DBD adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus Dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Penyakit ini dapat menyerang semua orang dan dapat menyebabkan kematian. Memang, DBD hingga saat ini merupakan salah satu masalah kesehatsn masyarakat di Indonesia yang cenderung meningkat. Salah satu upaya untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M (Menguras, Menutup dan Mengubur). Dalam hal PSN Pemerintah pun memerlukan bantusn partisipasi masyarakat. Pemerintah Kota Tasikmalaya dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya telah melaksanakan berbagai upaya pencegahan dan penanggulangan penyakit DBD. Besar harapan kami agar Tim Investigasi Kasus Kementerian Kesehatan RI dapat membantu dan mendampingi Pemerintah Kota Tasikmalaya untuk dapat membantu dan mendampingi dalam penanganan kasus kesehatan khususnya penyakit DBD di Kota Tasikmalaya,” harap H Budi.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter