Fokus Kab Tasik Pemerintahan Sosial

Bupati Tasikmalaya Berikan Pembinaan Kepada Rt Siaga di Kecamatan Kadipaten

Reporter: Anton

KAB TASIK.FOKUSPRIANGAN.ID Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya, melaksanakan pembinaan RT Siaga di wilayah Kecamatan Kadipaten yang mengambil tempat di aula Desa Mekarsari Sabtu (12/09/20).

Dalam Pembinaan Rt siaga tersebut langsung oleh Bupati Tasikmalaya H.Ade Sugianto, S.IP. Dalam kesempatan itu turut hadir, BPBD, Satpol PP, Kepala Dinas Dukcatpil Kabupaten Tasikamlaya, Unsur Muspika Kecamatan Kadipaten, Kepala Desa se wilayah Kecamata Kadipaten, Pendamping Kecamatan Kadipaten, serta para Ketua RT di seluruh Desa di wilayah Kecamatan Kadipaten.

Drs.Asep Nurtjahjo, M.Si, Camat Kadipaten dalam sambutanya mengatakan, Alhamdulillah dari 299 RT semuanya hadir dalam pembinaan RT siaga ini, dari 6 desa dan sampai sekarang untuk di wialayah kecamatan Kadipaten belum adanya terkonfirmasi covid 19.Karena masyarakat yang berada di wilayah kecamatan Kadipaten, Alhamdulilah bisa menjaga daya tahan tubuh, bisa menjaga kesehatan nya, itu harus terus kita pertahankan Kata Drs.Asep Nurtjahjo,M.Si.

Masih dikatakan Asep kami terus melaksanakan koordinasi dari awal adanya covid 19 pada bulan Maret-Mei dan sampai dengan sekarang. Dengan membentuk posko posko yang ada, mulai dari di tingkat Rt, tingkat Kampung dan tingkat kedusunan, juga kita melaksanakan koordinasi dengan Muspika dan UPT Puskesmas kecamatan kadipaten terus kita lakukan.

“Kemudian program program pemberian masker, pemberian santunan santunan kita laksanakan sampai dengan berakhirnya covid 19 mudah mudahan kita semua agar saling mendoakan supaya aktivitas masyarakat berjalan normal kembali sampai dengan covid 19 tidak ada itu yang kami harapkan,”ucapnya.

Lanjut Asep Bupati Tasikmalaya dalam kesempatan yang berbahaga ini kami mengucapkan selamat datang. Alhamdulillah Bupati Tasikmalaya sudah berapa kali hadir di wilayah kecamatan Kadipaten khususnya di desa Mekarsari, dan rencana pada tanggal 22 September nanti, Bupati Tasikmalaya akan hadir dalam rangka pembukaan TMMD. Dan kami mengharapkan semua partisipasi masyarakat bukan hanya di desa Mekarsari tetapi di seluruh wilayah kecamatan Kadipaten, supaya kecamatan Kadipaten bisa berkembang bisa maju karena kita sebagai pintu gerbang Kecamatan. Dan kami juga cukup bangga dengan anak kita bernama Muhammad Syahid yang mana telah mandapat juara tahfidz MTQ tingkat kabupaten Tasikmalaya. Itu juga berkat dorongan dari Bupati Tasikmalaya yang sudah memberikan hal hal mengenai pengembangan pengembangan yaitu dalam hal pembangunan, juga kemasyarakatan itu kepedulian Bupati kepada masyarakat umumnya di kecamatan Kadipaten.”ujarnya.

“Kemudian ada potensi potensi yang perlu di kembangkan salah satunya kopi Karaha itu berasal dari kecamatan Kadipaten, kita mempunyai areal tanaman kopi kurang lebih 100 hektar di wilayah kecamatan Kadipaten itu sudah brand. Mudah mudahan juga penggiat kopi di wilayah kecamatan Kadipaten ini bisa mempopulerkan kopi Karaha, dan Insya Allah putra daerah ada Pa Endang dirinya mau mengembangkan kopi Karaha bukan hanya kopi Karaha saja tetapi semua kopi yang ada di kabupaten Tasikmalaya.”imbuhnya.

Sementara Bupati Tasikmalaya H.Ade Sugianto, S.IP, menyampaikan yang pertama saya mengucapkan terimakasih, karena selama ini RT siaga terutama yang ada di kecamatan Kadipaten menunjukkan kinerja yang baik yang luar biasa sampai warga masyarakat dapat terlindungi. Kedua kita berharap tetap waspada karena covid 19 belum reda bahkan menunjukkan meningkatkan nya kembali. Sampai Jakarta saja memberlakukan lagi PSBB.”Ucap Bupati.

Lanjut Ade, untuk ketiganya persiapan dari serangkaian program covid ini adalah penanganan pengendalian, kemudian penanganan masyarakat yang terdampak, yang kemudian paling panjang sampai tahun 2021 adalah Recovery Ekonomi yaitu pengembalian kembali ekonomi masyarakat secara normal.

Disinggung dalam sambutan camat Kadipaten terkait adanya potensi kopi Keraha dan ingin di puskesmas ada rawat inap ? Bupati Tasikmlaya H.Ade Sugianto mengatakan Insya Allah berbagai potensi terutama kopi. Karena kopi ini ada di beberapa tempat kita juga cukup baik Galunggung, Karaha, Cibalong, Taraju juga baik, bahkan Cikalong, dan Cigalontang, terutama ini menjadi salah satu mudah mudahan yang menjadi primadona dan salah satu di antaranya, mungkin dari sisi teknis penanaman, bagaimana pasca panen di lakukan ini sudah cukup baik di kabupaten Tasikmalaya. Tinggal bagaimana kita mendorong agar ini memiliki pasar, kita insyallah akan bantu optimalisasi untuk peningkatan kopi kita adalah pasar dan mudah mudahan bisa sampai luar negeri. Dari mulai sekarang jadi kita akan mulai membuat lembaga perdagangan daerah agar kita bisa mendapatkan pasar Internasional bukan hanya kopi tapi produk produk, penghasilan penghasilan dari pertanian dan perkebunan kita. Untuk terkait rawat inap di puskesmas Kadipaten ? kita akan pelajari tapi pada prinsipnya selama itu bermanfaat bagi masyarakat tidak ada alasan tidak di manfaatkan,”pungkas Bupati.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter