Fokus Kota Tasik Sosial

Sekertariat Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Gelar Diskusi

Reporter: Anton

KOTA TASIK. FOKUSPRIANGAN. ID – Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya untuk memberikan daya (Empowerment) atau penguatan (Strengthening) kepada masyarakat, pemberdayaan masyarakat disekitar hutan erat kaitannya dengan pemberian akses/ ruang usaha dimana sektor kehutanan merupakan sektor berbasis lahan yang erat hubungannya dengan sektor bisnis lain.” Kata Dr. Siti Fadjarani, M.T. Ketua Program Magister Geografi UNSIL Tasikmalaya, dan sekaligus sebagai permateri. Dalam acara “Diskusi Upaya Pemenuhan Target Capaian sektor Kehutanan Bidang Pemberdayaan Masyarakat”, yang di gelar oleh Kajian Kebijakan Strategis Sekertariat Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan, bertempat salah satu hotel di Kota Tasikmalaya .Kamis (10/9/2020).

Masih di katakan Siti Fadjarani
Indonesia telah menandatangani NDC ( Nationally Determined Contribution) dalam mitigasi perubahan iklim berimplikasi pada perkembangan sektor kehutanan dan kehutanan diharapkan ikut mendongkrak perkembangan ekonomi negara.

“Bertujuan untuk mendapatkan masukan konstruktif dalam upaya optimalisasi pemberdayaan masyarakat serta penegakan hukum diharapkan memberikan telaah akademis dan bahan masukan terhadap kebijakan bidang lingkungan hidup dan kehutanan (LKH).”Terangnya

Lanjut Siti adapun permasalahan umum dalam pengelolaan hutan seperti inventarisasi SDH dan Tata Guna lahan, Pengelolaan hutan produksi, industri hasil hutan dan perdagangan, pengembangan pengelolaan hutan berbasis masyarakat, penanggulangan Deforestasi dan degradasi lahan, Tenurial (adanya klaim kawasan hutan oleh oknum tokoh masyarakat setempat) penanganan masalah ilegal logging, peningkatan kemampuan dan penguatan kelembagaan dan pendanaan pengelolaan hutan berkelanjutan.

Dan konsep untuk pengembangan usaha masyarakat dalam kawasan hutan yakni konsep pengembangan sistem produksi, pengembangan kelembagaan usaha, pengembangan sistem pendukung.” Selanjutnya upaya pemberdyaan masyarakat dalam pengelolaan hutan diantaranya: penetapan sasaran, rencana pemberdyaan, pengembngan kapasitas, bentuk pemberdayaan, penghargaan pembiayaan, pembinaan dan pengendalian.”Pungkasnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter