Fokus Kota Tasik Sosial

Dalam Upaya Pemenuhan Target Capaian Sektor Kehutanan Bidang Pemberdayaan Masyarakat Sekertariat Jenderal Kementerian LHK Gelar Diskusi

Reporter: Anton

KOTA TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID Sekertariat Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan, gelar diskusi dengan tema “Upaya Pemenuhan Target Capaian Sektor Kehutanan Bidang Pemberdayaan Masyarakat”, bertempat di salah satu hotel di Kota Tasikmalaya, Kamis (10/9/2020).

Dalam diskusi tersebut diikuti oleh perwakilan Dosen Unsil, perwakilan mahasiswa Fisip Unsil, Dinas LH, dan Kementerian LHK.

Dalam kesempatan itu menghadirkan sebagai Moderator dan Pemateri Utama oleh KepalaPusat Kajian Kebijakan Strategis, Sekertariat Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan, Ir Herry Subagiadi, M.Sc. Dan juga menghadirkan pemateri diantaranya, Dr. Siti Fadjarani, M.T. Ketua Program Magister Geografi Unsil, Dr. Suhardjadinata, M.P. Ketua Jurusan Argoteknologi Unsil, Wakil Dekan 1 Fisip Unsil Fitriyani.M.Si, serta Wiwi Widiastuti, S.IP., M.Si Ketua Jurusan Ilmu Politik Unsil.

Ir Herry Subagiadi, M.Sc. Sebagai Moderator dan Pemateri Utama selaku Kepala Pusat Kajian Kebijakan Strategis, Sekertariat Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan, kepada fokuspriangan. Id, mengatakan kami hanya sebagai moderator dan siap menampung masukan dari para pemateri dan peserta yang hadir dalam acara diskusi” Upaya Pemenuhan Target Capaian Sektor Kehutanan Bidang Pemberdayaan Masyarakat”, ucapnya

Sementara Dr. Suhardjadinata, M.P.
Ketua Jurusan Argoteknologi Unsil Tasikmalaya, menambahkan dalam materi di sampaikan saya tentang” Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM ), di kawasan hutan lindung. Dan bagaimana upaya yang di lakukan dalam mengelola hutan antara lain dengan pengelolaan dan perawatan hutan lindung dan hutan mata air.

“Juga memperkenalkan ekosistem hutan lindung pada anak anak atau remaja, membangun pos pos penjagaan hutan, informasi melalui radio, mengadakan kegiatan untuk memupuk kerjasama dan kebersamaan.”Ungkapnya.

Di tempat yang sama Wiwi Widiastuti, S.IP., M.Si, Ketua Jurusan Ilmu Politik Unsi , saya memberikan materi tentang bagai mana pemberdayaan perempuan sekitar lingkungan hutan dalam menjawab tantangan” Forest Invesmen program. Dalam mengacu kepada peraturan menteri lingkungan hidup dan kehutanan Republik Indonesia Nomor P 82 / MENLHK/ SETJEN/SET 1/11/2019 tentang rencana kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun2020 yang memiliki fokus pembangunan diantara pembangunan tematik kementerian lingkungan hidup dan kehutanan tahun 2020 yang mendukung RKP 2020 meliputi kesetaraan gender, tata kelola, kerentanan bencana dan perubahan iklim, modal sosial budaya dan transformasi digital merupakan harapan baru bagi pengentasan kemiskinan khususnya yang dialami penduduk sekitar hutan yang terdampak karena adanya Forest invesment program.”Katanya.

Terakhir ditempat yang sama Wakil Dekan 1 Fisip Unsil Fitriyani.M.Si, memyampaikan materi tentang Pemberdayaan masyarakat sektor kehutanan.

Hutan merupakan sumber daya alam yang berperan dalam menjaga dan meningkatkan ketersediaan air dan kesuburan tanah yang merupakan urat nadi kehidupan .dan Pemberdayaan merupakan konsep pembangunan ekonomi yang merangkum nilai sosial cermin dari paradigma baru pembangunan hutan bersifat ” people centered, participatory, empowering and sustainable” tujuan akhir dari pemberdayaan masyarakat adalah mendirikan, meningkat kan, dan mwngoptimalkan sumberdaya yang dimiliki.”Pungkasnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter