Fokus Cianjur Sosial

Tiga Belas Desa di Kabupaten Cianjur Dapatkan Program Pembangunan Pengolahan Air Limbah Domestik Sanimas Citarum Harum

Reporter: Andri.S

KAB.CIANJUR.FOKUSPRIANGAN.ID – Pengolahan Air Limbah Domestik Sanitasi Masyarakat (Sanimas) Citarum Harum atau dapat di sebut juga IPAL (Instalansi Pengolahan Air Limbah) Komunal merupakan sarana untuk mengolah limbah cair, baik itu limbah, dari air cucian atau kamar mandi yang digunakan masyarakat secara bersama sama.

Komponen dalam Pembangunan Pengolahan Limbah Domestik terdiri dari Unit Pengolahan limbah, jaringan perpipaan yang terhubung dari rumah, bak kontrol atau lubang perawatan.

Kini tempat pengolahan limbah domestik atau biasa orang mengenalnya dengan sebutan IPAL Komunal akan mudah kita jumpai di Kabupaten Cianjur, pasalnya, anggaran pendapatan negara melalui Balai Permukiman prasarana daerah Wilayah I Jawa Barat, telah membuat program Sanitasi Citarum Harum dengan membuat pembangunan pengolahan air limbah di setiap Desa, ada 13 ( tiga belas ) Desa yang telah mendapatkan Program tersebut, diantaranya, Desa Sukamulya, Desa Cinangsi, Desa Cijagang, Desa Sukagalih, Desa Sukajadi, Desa Sindanglaka, Kelurahan Sayang, Desa Mekarwangi, Desa Haurwangi, Desa Kertasari, Desa Ramasari, Desa Sindangjaya dan Desa Jati.

Ketiga belas desa tersebut mendapatkan anggaran yang sama yakni, 500 juta dalam waktu pengerjaan empat bulan lamanya.

Hal ini dibenarkan Fasilitator Provinsi, Rio Arista Hidayat, ST dalam sambungan whatsapp, Selasa, (08/03/20) Mengatakan.” Tempat pengolahan air limbah domestik terpusat atau Sanimas ( Sanitasi Masyarakat ) sebetulnya sama saja dengan IPAL Komunal. Ipal Komunal merupakan sarana untuk pengolahan limbah cair, baik itu dari air cucian atau limbah cair dari kamar mandi lainya, yang digunakan masyarakat secara bersama sama.” Kata Rio dalam Chatingannya.

Sambung Rio.” Komponen dalam pembangunan pengolahan limbah cair tersebut terdiri dari unit pengolahan limbah, jaringan perpipaan yang terhubung kerumah rumah warga serta bak kontrol atau lubang perawatan.” Jelas Rio.

Lanjut Rio.” Tiga belas desa itu diantaranya.” Desa Sukamulya, Desa Cinangsi, Desa Cijagang,Desa Sukagalih,Desa Sindanglaka,
Desa Sukajadi, Kelurahan Sayang,
Desa Mekarwangi, Desa haurwangi,Desa kertasari, Desa Ramasari,Desa sindangjaya dan Desa Jati, yang menerima anggaran sama yaitu 500 juta dan dalam waktu pengerjaan 4 bulan lamanya.” Jelas Rio.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter