Fokus Kab Tasik Pariwisata Pemerintahan Sosial

Pemdes Santanamekar Bersama Unsil Lakukan Perjanjian Terkait Pengembangan Wisata

Reporter: Anton

KAB TASIK.FOKUSPRIANGAN.IDTerinsfirasi adanya potensi wisata di Desa Santanamekar, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya. Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya melakukan perjanjian kerjasama antara Pascasarjana
dan Pemerintah Desa Santanamekar Kecamatan Cisayong bertempat di aula desa Santanamekar, Selasa (8/9/20)

Dalam Perjanjian Kerjasama (PKS)
di tandatangani oleh Dr. H. Ade Komaludin, M.Sc. (Direktur Pascasarjana Unsil). Acara tersebut turut di hadiri kepala desa Santanamekar Ade Saepudin, Babinsa desa Santanamekar, Wakil Direktur Pascasarjana Unsil Dr. Jajang Badruzaman, M.Si. Ak., Ketua Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Unsil Dr. Iman Hilman, M.Pd, Dosen Dosen Geografi Unsil, Tim Survey Alumni Geografi Unsil, serta Mahasiswa Pascasarjana Unsil

Dr. Siti Fadjarajani, MT. Ketua Program Studi Magister Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Siliwangi Tasikmalaya, kepada fokuspriangan.Id, mengatakan kegiatan ini bertujuannya melaksanakan Tridarma perguruan tinggi pascasarjana khususnya pendidikan biografi. Memang harus melaksanakan Tridarma perguruan tinggi dan salah satu darmanya adalah darma pengabdian kepada masyarakat dan darma penilitian.”Ucapnya.

Masih menurut Siti kemudian tantasi banyak memiliki banyak potensi ketika geografi dia harus kemasyarakat dan melihat ada potensi wisata di Tasikmalaya ini cukup banyak, yang salah satunya di Desa Santanamekar, Kecamatan Cisayong.” Kalau melihat dari kacamata ilmu geografi kita bisa melihat dari potensi fisik wilayah nya desa Santanamekar merupakan desa yang memiliki potensi alam, sepertinya banyak Curug di dalamnya ada 12.
Kemudian memiliki Agro wisata yang kemudian bisa dikembangkan itu fisiknya, dan kemudian yang non fisiknya masyarakat nya luar biasa memiliki partisipasi, memiliki sifat kegotong royongan. Kemudian kita lihat sifat potensi wisata nya, dan nantinya kita bagi menjadi wisata alam, wisata budaya, dan wisata edukasi.

Untuk wisata alam ada banyaknya Curug diantaranya, Curug batu black, Curug Gadu Bangkong dan sebagainya.

Dan untuk Situs Ma Eroh ini menjadi wisata Edukasi dimana Ma Eroh itu memberikan pendidikan kepada kita bagaimana seorang ibu dari desa kemudian punya pikiran membuat jalur air dan membuat sangat monumental, dan untuk Wisata budaya, masyarakat disini memiliki seni budaya misalnya ada Calung ada Reog dan Sisingaan,”katanya.

Lanjut Siti, semua ini bisa di kembangkan dengan tujuannya untuk memajukan desa Santanamekar, mudah mudahan dengan adanya potensi ini mudah mudahan bisa mensejahterakan masyarakat nya. Kami berharap bisa memberikan manfaat untuk desa Santanamekar.

“Untuk pelaksanaan perjanjian kerjasama itu hanya salah satu saja, yang lebih penting nya ada lagi menindak lanjuti kegiatan kerjasama itu kedua nya harus saling menguntungkan, kampus punya bidang ilmu, punya kiteoritis, kemudian desa punya wilayah punya potensi masyarakat kemudian kita padukan Insya Allah ini akan berkesinambungan karena SPK ini surat perjanjian kerjasama ini selama 5 tahun”.Ujarnya.

Siti berharap mudah – mudahan ini memberikan manfaat untuk desa Santanamekar, kemudian bisa memberikan kemajuan bagi desa Santanamekar khususnya untuk pengembangan desa wisata kedepan kita akan kembangkan misalnya potensi agro wisata nya, kemudian potensi yang kaitannya dengan pengembangan kita punya geografi memetakan Ste plan penempatan lokasi – lokasi wisata.Kemudian bisa memberi promosi wisata untuk desa Santanamekar ini menjadi desa wisata yang diharapkan.”pungkasnya.

Sementara ditempat yang sama Ade Saepudin kepala Desa Santanamekar, menyampaikan ucapkan terima kasih dengan adanya perjanjian kerjasama perjanjian antara Pascasarjana Universitas Siliwangi dan Pemerintah Desa Santanamekar, bisa bermanfaat bagi desa Santanamekar, karena saya selaku kepala desa tidak bisa kerja sendiri harus bekerjasama.”Ucapnya.

Masih dikatakan Ade untuk visi desa Santanamekar, bisa menjadikan desa Wisata, dan Alhamdulilah ini sudah bertambah dengan ada nya kerjasama antara Unsil Tasikmalaya dengan pemerintah desa Santanamekar.” Karena Unsil itu banyak yang ahli dari pada agro bisnisnya, wisata alam dapat membantu untuk melanjutkan perjuangan mengembangkan dan memajukan wisata di desa Santanamekar yang di pelopori oleh Ustad Anang Syarifudin.”Imbuhnya.

Lanjut Ade dengan adanya Unsil kami bisa terbantu dari Steplan. karena untuk kami mengajukan ke Pemerintah Pusat, Provinsi harus ada Steplan Alhamdulillah untuk sekarang bisa terbantu. Kami sudah mengajukan terutama sekarang ini kesulitan untuk sarana jalan, mudah mudahan Pemerintah Pusat, maupun Provinsi, bis melihat dan mendengar yang sudah kami usulkan melalui proposal.”Pungkasnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter