Fokus Cianjur Pemerintahan Sosial

Pembangunan Ipal Komunal Ditiga Desa di Kecamatan Cikalongkulon Dirasa Sangat Bermanfaat

Reporter: Andri.S-Ipey

KAB.CIANJUR.FOKUSPRIANGAN.ID Pembangunan program Ipal Komunal Citarum Harum di Kecamatan Cikalongkulon kini sedang dalam tahap pengerjaan. Ipal ( Instalansi Pengolahan Air Limbah ) Komunal merupakan sarana untuk mengolah limbah Cair, baik limbah dari WC, dari air Cucian atau kamar mandi yang di gunakan masyarakat secara bersama sama.

Komponen IPAL Komunal terdiri dari Unit pengolahan limbah, jaringan perpipaan ( Bak Kontrol dan lubang perawatan ) dan rumah tangga.

Desa Sukagalih, Desa Cinangsi dan Desa Cijagang kini tengah melaksanakan pembangunan IPAL Komunal tersebut yang dalam pelaksanaannya di lakukan oleh KSM ( Kelompok Swadaya Masyarakat ) dan di awasi oleh Pasilitator.

Kepala Desa Sukagalih Dudi Aryadikara S.Pd,.SH,.M.Si, sangat berterimakasih kepada pemerintah Pusat karena sudah memberikan program tersebut. Menurutnya Pembangunan IPAL Komunal tersebut sangat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat Desa Sukagalih.

” Saya mewakili masyarakat Desa Sukagalih mengucapkan banyak terimakasih kepada pemerintah pusat yang sudah memberikan program komunal ini. Karena menurut saya ini sangat berguna sekali.” Ucap Dudi.

Lanjut Kades Sukagalih.” Untuk kedepannya, Ipal Komunal ini akan dikelola oleh masyarakat dan Desa akan mengawasi serta mendukung lebih program ini dengan memasang TPT dan akan memper indah walaupun tempat pembuangan limbah, karena Desa desa dicikalong akan menciptakan sungai yang bersih. Dan untuk pengelolaannya kami nantinya akan menciptakan inovasi agar pengelola dapat merawat Ipal komunal itu dengan baik.” Ujar Dudi.

Kades Sukagalih Dudi juga berpesan kepada masyarakat harus sadar akan lingkungannya dengan tidak membuang sampah dan Buang Air Besar kesungai.

“Saya berharap kepada masyarakat jangan membuang sampah kesungai marilah kita menciptakan lingkungan yang bersih dan stop buang air besar kesungai.” Harapnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter