FOKUS SUKABUMI Sosial

Hari Ini Sukabumi Digoyang Gempa Berkekuatan 4,9 Magnitudo

Reporter : Rusdi-Guntur

SUKABUMI.FOKUSPRIANGAN.ID – Wilayah Sukabumi diguncang gempa berkekuatan 4,9 magnitudo, Selasa (8/9/2020) pukul 9.06 WIB. Berdasarkan hasil analisis BMKB menunjukkan bahwa gempa ini berkekuatan M 4,9.

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan, episenter gempa terletak pada koordinat 7,8 LS dan 106,5 BT. Tepatnya berada di laut pada jarak 90 kilometer arah Barat Daya Kabupaten Sukabumi pada kedalaman 10 kilometer.

Daryono mengungkap, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat sesar aktif di dasar laut.
“Ada dugaan bahwa gempa ini dipicu aktivitas Sesar Cipamingkis yang menerus ke laut,” kata Daryono dalam siaran pers, Selasa (8/9/2020). Menurutnya, dugaan itu berdasar fakta beberapa tahun terakhir Sesar Cipamingkis mengalami peningkatan aktivitas kegempaan.

Dampak gempa pagi ini berdasarkan laporan masyarakat, dirasakan di wilayah Kabupaten Sukabumi dengan skala intensitas III MMI. Gempa dengan skala intensitas III MMI, getarannya dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan ada truk berlalu.

Daryono juga menyampaikan, beberapa warga Sukabumi mengaku kendaraan bermotor yang diparkir ikut bergoyang dan beberapa orang lari ke luar rumah.
Tak hanya dirasakan di Sukabumi, warga Cianjur merasakan gempa dengan skala Intensitas II – III MMI. Sementara di Kota Bandung dan Cimahi, getaran terasa dengan skala intensitas II MMI. Dalam kondisi skala itu, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa tersebut. Hingga pukul 09.35 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock). Masyarakat diminta agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.”pungkasnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter