Fokus Kota Tasik Pemerintahan Sosial

HM Yusuf : Peran Ponpes Harus Betul-Betul Dioptimalkan Dalam Era Globalisasi Informatika

Reporter : H Amir

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID Wakil Walikota Tasikmalaya Drs HM Yusuf Minggu malam (06/09/2020) berkesempatan menghadiri acara peringatan bulan Muharam,Haul sekaligus Reuni Alumni Pondok Pesantren Al Mukhtariyah bertempat di halaman Pondok Pesantren Al-Mukhtariyah Rancamacan Kelurahan Cipari Kecamatan Mangkubumi.

Hadir di acara tersebut Wakil Walikota Tasikmalaya Drs HM Yusuf, Ketua DPRD Kota Tasikmalaya H Aslim,SH.,MH, Camat Mangkubumi yang diwakili Sekretaris Kecamatan Mangkubumi Didin Fitriyadi, S IP, M.Kes, Kapolsek Mangkubumi yang diwakili Kanit Reskrim Polsek Mangkubumi Polres Tasikmalaya Kota IPDA Azis Kartaji dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Cipari Bripka Afit Ridwan, Danramil 1203/Kawalu yang diwakili Babinsa Kelurahan Cipari Koptu Khoerul Ikhwan, Lurah Cipari Asep Kusdiana S.Sos, Kepala SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya, Dr. H Yonandi, S.Si., M.T, Ketua ARWT Kecamatan Mangkubumi H Enjang ZM serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Wakil Walikota Tasikmalaya Drs HM Yusuf menyampaikan berkenaan dengan reuni alumni ini diharapkan para alumni dapat terus menjaga hubungan baik dengan kiai dan para sesepuh Pondok Pesantren ini, dimana pada waktu dulu pernah menimba ilmu, belajar dan mengaji sehingga akan terwujud sikap At-Ta’awun saling dukung dan kerjasama yang baik untuk kemajuan bersama baik untuk pesantren itu sendiri maupun para alumni untuk terus didorong dalam rangka mengamalkan ilmu yang didapat.

“Salah satunya dengan berupaya mengembangkan Pondok Pesantren di tempat atau di daerah lain, sehingga nama baik dan citra pondok pesantren ini akan lebih dikenal dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” katanya.

Kita akui bersama bahwa peran Pondok Pesantren dalam rangka pembangunan bangsa dan negara sudah tidak diragukan lagi, bahkan berdasarkan fakta sejarah semasa era kemerdekaan, Pondok Pesantren dengan kiai dan para santrinya berada pada garda terdepan dalam menggelorakan perjuangan melawan penjajah, tambahnya.

“Saat ini keberadaan Pondok Pesantren sangat penting dan strategis terutama pada era globalisasi informatika dimana peran pondok pesantren ini harus betul-betul dioptimalkan. Kemudian sehubungan dengan arus budaya global dari luar yang secara mudah masuk dan mempengaruhi perilaku dan akhlak umat Islam, sehingga pada gilirannya apabila tidak segera diantisipasi, maka nilai-nilai agama dan budaya luhur bangsa kita sedikit demi sedikit akan tergeser oleh budaya luar yang berpaham sekuler termasuk saat sekarang ini kita semua secara bersama-sama mengadakan upaya pemberantasan akan bahaya narkoba, dimana di Negara kita peredaran narkoba sudah memprihatinkan, dan masuk dikalangan pelajar dan mahasiswa. Oleh sebab itu perjuangan Pondok Pesantren, Pemerintah dan seluruh masyarakat sekarang ini jauh lebih besar dan lebih berat lagi. Untuk itu saya mengharapkan Pondok Pesantren dengan para kiai dan ulama alumni dan para santrinya serta seluruh elemen masyarakat bersama Pemerintah untuk dapat menanggulangi dan mengatasi berbagai hal yang dapat merusak masa depan bangsa kita,” tandasnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter