FOKUS SUKABUMI Sosial

Bank BRI Unit Cicurug Salurkan Kredit Lunak Program Presiden Jokowi

Reporter: Rusdi-Guntur

SUKABUMI.FOKUSPRIANGAN.IDPara pelaku usaha mikro kecil bakal dapat amunisi dari pemerintah. Setelah hibah senilai Rp 2,4 juta dalam bentuk bantuan presiden, nantinya para pelaku usaha akan mendapatkan kredit lunak.

Adapun kriteria penerima manfaat bantuan ini adalah kreditur usaha mikro dan kredit usaha rakyat termasuk yang mengajukan pinjaman setelah Februari 2020. Bantuan ini rencananya akan diluncurkan pada September 2020.
Kepala Unit Bank BRI Cicurug Kabupaten Sukabumi, Kiemas Hartawan kepada FokusPriangan.id, Senin (7/9/2020) mengatakan, bahwa hari ini baru dimulai lounching program pemerintah pusat tersebut. “Baru hari ini lounching program tersebut dan ini merupalan produk baru,” katanya.

Kiemas menjelaskan, sebenarnya ini bukan hibah tetapi pinjaman lunak. “Tidak full nol persen, soalnya yang nol persen tuh pada 4 bulan diawalnya saja, selanjutnya normal kembali seperti suku bunga Kredit Usaha Rakyat ( KUR ),” jelas Kiemas.

Maksimal plaponnya pun, ujar Kiemas, hanya sekitar Rp. 10 juta. Ketika ditanya persyaratannya, Kiemas mengatakan, kalau persyaratannya sama seperti mengajukan KUR. “Tidak beda dengan KUR, yang beda hanya plapon maksimalnya hanya Rp. 10 juta dan selama 4 bulan awal tidak dikenakan bunga,” terangnya. Kiemas mengatakan, siapapun bisa mengajukan kredit lunak ini. “Yang terpenting punya usaha yang beroperasi dibawah enam bulan dan tidak mempunyai sangkutan di perbankan atau pun leasing,” tandasnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter