Fokus Kota Tasik Sosial

MTQ Ke-36 Tingkat Provinsi Jabar Di Subang Dibuka Gubernur Jawa Barat

Reporter : H Amir

KAB.SUBANG, FOKUSPRIANGAN.ID – Mengusung tema “Dengan MTQ Ke-XXXVI Tingkat Provinsi Jawa Barat Mewujudkan Generasi Qur’ani Menuju Jabar Lahir Batin Dengan Inovasi dan Kolaborasi”, perhelatan MTQ Tingkat Provinsi Jawa Barat dibuka secara resmi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang ditandai dengan pemukulan bedug. Pembukaan ini dilaksanakan dihalaman Pemerintah Kabupaten Subang, Jum’at malam (04/09/2020).

MTQ ke 36 kali ini digelar secara sederhana, tidak ada pawai para kafilah, namun hal tersebut tidak mengurangi rasa khidmat para peserta mengikuti kegiatan pembukaan tersebut.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam sambutannya menyampaikan syukur Alhamdulillah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-36 Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2020 di Kabupaten Subang dapat di selenggarakan bersama. Hal ini tidak lepas dari kontribusi semua pihak dalam melakukan persiapan yang matang, termasuk melakukan penyesuaian terhadap beberapa hal sebagai bagian dari Adaptasi Kebiasaan Baru di tengah situasi pandemi Covid-19.

“Penyelenggaraan MTQ sebagai kegiatan syiar pengamalan Al-Qur’an adalah bagian dari ikhtiar kolektif dalam mewujudkan keseimbangan dalam pembangunan Sumber Daya Manusia serta keseimbangan dalam merefleksikan nilai dan norma dalam tatanan kehidupan bersama di Jawa Barat. MTQ sebagai sumber peradaban untuk menjalani kehidupan di dunia, seharusnya umat muslim menyadari bahwa membaca, mengkaji, memahami dan mengamalkan Al-Qur’an merupakan prioritas ibadah tang paling utama, sinergi dengan realitas kehidupan keberagaman dan keberagaman budaya yang ada di Jawa Barat pada khususnya,” katanya

Penyelenggaraan MTQ hendaknya menjadi spirit tumbuhnya kesadaran bagi seluruh masyarakat muslim di Jawa Barat. Untuk mengimplementasikan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, lanjutnya.

” Melalui Spirit Al-Qur’an kita capai masyarakat yang secara lahir dan batin mendapatkan rasa aman dan makmur dalam menjalani kehidupannya. Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat senantiasa hadir dengan berbagai program dalam rangka mensyiarkan Ak-Qur’an dan nilai-nilai religiustitas dalam tatanan kehidupan masyarakat Jawa Barat seperti program SADESHA (Satu Desa Satu Hafizh), Maghrib Mengaji, dan 17 Program pesantren juara. Sejakan dengan hal itu, penyelenggaraan MTQ kali ini harus mampu tampil bukan hanya sebagai event perlombaan rutin, namun harus tampil sebagai ajang untuk semakin meningkatkan komitmen kita untuk mensyiarkan Al-Qur’an dalam rangka melahirkan insan-insan yang juara lahir dan batin, senada dengan Tagline dari MTQ kali ini yaitu JABAR JUARA MTQ JUARA.,” jelas Ridwan Kamil.

Sementara itu, Bupati Subang H Ruhimat dalam sambutannya mengatakan penyelenggaraan MTQ Ke-36 tingkat Provinsi Jawa Barat semula di jadwalkan pada bulan April 2020, dikarenakan ada Pandemi Covid-19, MTQ ini baru dapat diselenggarakan pada bulan September 2020.

“Penyelenggarakan MTQ kali ini dilaksanakan berbeda dengan sebelumnya, kali ini dilaksanakan secara sederhana dan penuh keterbatasan dengan menerapkan protokol kesehatan, semiga pelaksanaan MTQ ditengah kondisi pandemi Covid-19 tidak mengurangi makna penyelenggaraan MTQ. Saya merasa bangga Kabupaten Subang di tunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ Tingkat Jawa Barat. Semoga seluruh peserta merasa nyaman dan tenteram berada di Kabupaten Subang. MTQ ke 36 akan menjadi ajang silaturahmi merajut ukhuwah Islamiyah dan menjadi moment penting dalam mempererat kesatuan dan persatuan bangsa,” katanya.

Sumber : Humas dan Protokol Setda Kota Tasikmalaya

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter