Fokus Kab Tasik Pemerintahan Sosial

Dinkes Bidang Pengendalian Penduduk (DKPP), Kabupaten Tasikmalaya Bersama Dengan Puskesmas Sukaresik Gelar Program Swab Test

Reporter : Anton

KAB TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Dinas Kesehatan bidang Pengendalian Penduduk (DKPP), Kabupaten Tasikmalaya, bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Sukaresik, menggelar program swab test Polymerase Chain Reaction (PCR) gratis, bertempat di lingkungan puskesmas kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (2/9/20).

Asep Hermawan kepala puskesmas kecamatan Sukaresik, kepada fokuspriangan.Id, mengatakan karena sesuatu hal yang berkenaan dengan Covid19 dari tingkat Pusat, Provinsi menampilkan 1% dari jumlah penduduk secara keseluruhan dan untuk tingkat bawah pun sama 1% dari jumlah penduduk yang ada di kabupaten Tasikmalaya. Di kabupaten Tasikmalaya juga sama di tingkat kecamatan sekitar 1%.

“Ada informasi terakhir kemarin untuk kecamatan Sukaresik itu di beri target sekitar 88 orang, di bagi beberapa bagian makanya untuk hari ini (kemarin”red) di bagi 3 gelombang yang di Sukaresik akan di laksanakan selama 3 hari hari yaitu hari Rabu, Kamis dan sampai Jumat,”Kata Asep Hermawan.

Masih menurut Asep untuk menentukan sasaran di wilyah kecamatan Sukaresik. Alhamdulillah gugus tugas tingkat kecamatan Sukaresik, kemarin mengadakan rapat dari berbagai elemen termasuk yang lainnya muncul lah yang 88 orang siapa aja sasarannya.

Untuk angkatan hari Rabu (kemarin) dari mulai kepala desa, para pendamping, kepala sekolah, guru, dan camat.
Untuk hari kamis ini tetap masih ada kelompok masyarakat yang memang di bilang bukan rawan lah ada pertimbangan tersendiri dan terakhir hari Jumat dari seluruh petugas kesehatan di lingkungan puskesmas Sukaresik, yang berhadapan langsung dengan masyarakat untuk melihat sampai sejauh mana mungkin temen – temen. Mereka – mereka sehat tapi petugas kesehatan kurang sehat makanya kami memutuskan dengan teman teman yang paling dominan dan paling di utamakan itu yang berhadapan langsung seperti bidan desa, perawat dan termasuk petugas itu sendiri.”Ujarnya.

Lanjut Asep untuk pelaksanaan pada hari rabu sebanyak 30 orang lebih, hari kamis dan sampai hari Jumat, kalaupun melebihi target yang di tentukan kami akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya. Pelaksanaan test swab PCR ini sebelumnya pernah dilakukan yang pertama berjumlah 20 sampai 30 orang di laksanakannya tepatnya bulan kebelakang.

Dan harapan kedepan kadang kala kita merasa takut dan was- was dengan pemeriksaan test swab PCR ini, juga di harapkan nanti tingkat kesadaran masyarakat sangat tinggi bahwa kesehatan memang perlu jadi tidak usah takut, dan tidak usah ragu. Periksakan selagi ada kesempatan untuk melihat sejauh mana apakah terpapar atau bagaimana, ini langkah sebagai antisipasi.”Pungkasnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter