Fokus Kota Banjar Pemerintahan Sosial

Desa Rejasari Resmi Dinobatkan menjadi Kampung Tangguh Lodaya

Reporter: Zaenal Abidin

KOTA BANJAR, FOKUSPRIANGAN.ID – Wakil Walikota Banjar H. Nana Suryana dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjar Ny. Elis Nana Suryana bersama Kapolres Kota Banjar AKBP Melda Yanny, S.I.K., M.H., meresmikan Kampung Tohaga Lodaya di Dusun Sampih Desa Rejasari Kecamatan Langensari Kota Banjar. Kamis (3/8/2020).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Muspika Kecamatan Langensari, Camat Langensari, Danramil 1325/Langensari, Kapolsek Langensari, Kasat Binmas Polres Banjar, Bhabinkamtibmas, serta Perwakilan Dinas Pertanian Kota Banjar.

Peresmian Kampung Tangguh Lodaya ini untuk mendukung Program Pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan serta ketangguhan pangan untuk tetap produktif dalam bidang ekonomi di masa pandemi Covid- 19.

Kampung Tangguh Lodaya merupakan program yang diinisiasi oleh Polres Banjar yang mana membentuk masyarakat supaya bisa menghidupkan budaya gotong royong serta bisa mandiri dalam menghadapi Pandemi Covid- 19 yang sangat berdampak besar pada ketahanan pangan masyarakat khususnya di Kota Banjar.

Kepala Desa Rejasari Subur Waluyo, S.Pd., M.Pd., bersama warga menyambut antusias peresmian Kampung Tangguh Lodaya di Desa Rejasari. Tim Drumband Dusun Sampih menyambut meriah kedatangan Wakil Walikota dan Kapolres Banjar beserta rombongan.

Rombongan diarahkan oleh Kepala desa Rejasari Subur Waluyo, S.Pd., M.Pd., menuju beberapa lokasi produksi dan ternak di dusun tersebut. Dimulai dengan meninjau UMKM pembuatan sale gulung, kemudian meninjau perikanan yang dibudidayakan di kali, lalu meninjau UMKM jamur tiram, dilanjutkan dengan meninjau tanaman sayur yang di tanam di masing-masing rumah warga Dusun Sampih. Pakcoy, cabe rawit, jeruk bali, sawi, dan jenis sayuran lainnya tumbuh subur di pekarangan rumah warga. Terkahir, rombongan meninjau budidaya pembibitan ikan gurame dan lele.

Dalam sambutannya, Kapolres Banjar AKBP Melda Yanny, S.I.K., M.H., mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh warga Dusun Sampih tersebut.

“Ini sangat luar biasa, apa yang telah dilakukan oleh warga Dusun Sampih ini sangat lengkap dalam mendukung program pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan dan produktif walau dalam masa pandemi,” ucap Kapolres Banjar.

Kegiatan ini juga diisi dengan penyaluran bantuan sembako untuk KWT Tirta Mandiri dan pembagian masker bagi warga sekitar.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter