FOKUS SUKABUMI Pemerintahan Sosial

Desa Kutajaya Akan Kelola Obyek Wisata Perkemahan Citaman Sukabumi

Reporter : Rusdi-Guntur

SUKABUMI.FOKUSPRIANGAN.ID – Desa Kutajaya Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi akan mengembang aset wisata Citaman. Obyek wisata yang berada di kaki Gunung Salak ini yang awalnya sempat terlantar dan tidak dikelola dengan baik, rencananya akan dikelola oleh Desa Kutajaya kerjasama dengan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Hal tersebut dikatakan Sekertaris Desa Kutajaya, Yudi Irawan kepada FokusPriangan.id, Rabu (2/9/2020).

Menurutnya pihak desa akan mengembangkan obyek wisata Citaman, dengan fasilitas perkemahan dan air terjun yang indah. “Saat ini pak kepala desa sedang meninjau ke lokasi obyek wisata citaman,” kataya.

Obyek wisata yang menonjolkan tempat perkemahan, spot selfi dan air terjun. “Memang sebelumnya sudah banyak ada yang kemping di tempat perkemahan tersebut, tapi masih secara liar dan tidak ada yang mengelola,” ujarnya.

Rencananya pihak desa akan melengkapi dengan fasilitas air bersih, mck dan tempat sampah. ” Tujuannya agar lebih tertib, lebih bersih, lebih aman dan nyaman,” kata Yudi.

Kalau dikelola dengan baik, ucapnya, pengunjung akan nyaman dan merasa aman. “Masyarakat setempat pun akan memperoleh tambahan penghasilan dengan berdagang dan menyewakan alat-alat kemping,” ujarnya.

Dia berharap agar rencana ini berjalan dengan lancar dan perijinan pun bisa dikantongi. “Jangan sampai ketika fasilitas sudah siap, eh perizinan tidak turun,” kata Yudi.

Dengan adanya obyek wisata di wilayah Kutajaya, kedepannya diharapkan bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat desa, dan menjadi ladang masukan bagi Pemerintah desa dan pemerintah daerah. “Kalau tidak meleset, rencananya kita louncing pada awal tahun 2021 nanti,” pungkasnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter