Fokus Kab Tasik Pemerintahan Sosial

Wagub Jabar Lakukan Kunker Dalam Rangka Restoking Benih Ikan di Kecamatan Rajapolah

Reporter : Redaksi

KAB TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Wakil Gubernur Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum melakukan kunjungan kerja dalam rangka restoking benih ikan diperairan umum Sungai Cibarani yang beralamat di Kampung Sukaruas Desa Sukaraja Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (01/09/2020).

Kegiatan restoking ini diselenggarakan oleh Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya Marhsmah Okiagaru yang di ketuai oleh Erik Supriatna.

Kegiatan tersebut dihadiri sekitar 100 orang antara lain : Staf Ahli Gubernur Jabar Toto, Kasi Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Jabar Yani Firman, Kabid Perikanan Kabupaten Tasikmalaya Rita, Kapolsek Rajapolah AKP Dede Armawan,SH. Danramil Rajapolah Kapten Inf Agus Heryanto, Camat Rajapolah Yana Hermana, Kades Sukaraja Asep Nandang, Tokoh Masyarakat HM Oni Gustaf Efendi, Komunitas Pecinta Alam Rajapolah dan Masyarakat sekitar.

Restoking ini bertujuan untuk melestarikan sumber daya perairan di Sungai Cibarani serta menggugah kepedulian warga akan pentingnya sunai bagi kehidupan.

Panitia kegiatan, Hidir Angga menuturkan bahwa kegiatan restoking benih ikan ini merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan di perairan umum Sungai Cibarani.

“Sungai Cibarani ini mengaliri 3 Desa yaitu Desa Sukanagalih, Sukaraja dan Desa Manggungjaya. Harapan kami kegiatan seperti ini dapat menjadi kegiatan rutin dan berkelanjutan untuk lestarikan alam, semua pihak pun diharapkan dapat mendukung pelestarian Sungai,” ucapnya.

Wakil Gubernur Jawa Barat H Uu Ruzhanul Ulum menyampaikan pertanian itu jangan ditinggalkan hal ini dikarenakan penting untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Jawa Barat curah hujannya sangat tinggi dan kesuburan tanahnys sangat baik sehingga cocok untuk pertanian. Pemprov Jabar saat ini berusaha untuk meningkatkan perekonomian warga yang salah satunya dengan pertanian. Untuk kegiatan restoking benih ikan ini sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup habitat ekosistem sungai. Untuk itu kami meminta jangan merusak ekosistem lingkungan. Kepada para generasi muda agar dapat peduli dengan pertanian,” harapnya.

Setelah memberikan sambutan, Wakil Gubernur H Uu Ruzhanul Ulum meresmikan Pemuda Desa Petani untuk Kemajuan Pertanian, meresmikan penebaran benih ikan di Sungai Cibarani dan penyerahan simbolis benih ikan dari Wakil Gubernur Jabar Kepada Panitia.

Jumlah benih ikan yang ditebar sebanyak satu juta ekor ikan yang terdiri dari ikan nila, tawes, beureum panon, sepat sieum dan tambakan.

Sumber : Polsek Rajapolah, Resort Tasikmalaya Kota.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter