Fokus Kota Tasik Sosial

Berikut Penjelasan H Murjani Tentang Banpres Produktif Untuk UKM

Reporter : H Amir

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Peluncuran Program Bantuan Presiden (Banpres) ini sebagai salah satu skema untuk membantu dalam hal permodalan kerja para pelaku usaha mikro, sekaligus menambah skema insentif yang memang sebelumnya telah diberikan lebih dahulu oleh Pemerintah, hal ini dikatakan Anggota Komisi II Fraksi Gerindra DPRD Kota Tasikmalaya, H Murjani,SE.,MM, Senin (31/08/2020).

“Dengan banyaknya pertanyaan di media sosial Facebook dan group WA ke kami, untuk itu kami sampaikan beberapa hal terkait program Banpes tersebut. Nama bantuan ini yakni Banpres Produktif, yang diperuntukan untuk para pelaku usaha mikro. Besarnya bantuan untuk setiap pelaku usaha mikro tersebut sebesar Rp 2.4 juta. Banpres Produktif ini bukan merupakan pinjaman atau kredit,melainkan hibah. Untuk Data penerima manfaat :
• Target sasaran sebanyak 12 juta usaha mikro
• Tahap awal sebanyak 9,1 juta usaha mikro
• Data merupakan dari lembaga pengusul. Seperti : Dari Dinas Provinsi/Kabupaten/Kota, Koperasi, Kementerian/Lembaga, Perbankan/Perusahaan Pembiayaan,” paparnya.

H Murjani pun menambahkan untuk penyalurannya dana bantuan akan langsung ditransfer ke rekening para pelaku usaha mikro langsung, tanpa melalui pihak lain.

“Syarat Penerima Bantuan antara lain
Tidak sedang menerima kredit modal kerja dan investasi dari perbankan (unbankable), Warga Negara Indonesia yang memiliki NIK, Memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan lampiran surat pernyataan dari lembaga pengusul, Bukan merupakan ASN, TNI, POLRI, Pegawai BUMN/BUMD, Memiliki rekening di bank BRI, BNI atau Syariah Mandiri ( Maksimal saldo 2 juta).

Adapun dalam proses pencairannya adalah penerima harus melengkapi beberapa syarat sebagai berikut :
1. Buku tabungan
2. Kartu ATM
3. Identitas diri KTP
4. Harus melengkapi dokumen yang meliputi ( disediakan di Bank ):
– Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) dan atau
– Surat Kuasa Penerima dana BPUM Selangkapnya nanti bisa dijelaskan oleh pihak bank. Nantinya para calon penerima akan mendapat pemberitahuan langsung dari Bank berupa SMS, atau bisa dihubungi langsung oleh Bank Dengan diluncurkannya Banpres Produktif ini, diharapkan bisa menjadi tambahan modal bagi para pelaku usaha mikro dan kecil. Para penerima bantuan untuk memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya, serta mengingatkan pentingnya menerapkan protokol kesehatan saat berdagang. Kepada yang menerima, kami berpesan hati-hati penipuan. Harus dipastikan bahwa SMS atau pemberitahuan itu benar-benar dari pihak bank. Kalau misalkan meminta untuk mentransfer sejumlah uang atau meminta no pin dipastikan itu penipuan,”tandasnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter