Fokus Kab Tasik Sosial

Alfie Akhmad Sa’dan Hariri Kades Mandalamekar, di Bentuknya APDESI Sebagai Mitra Pemerintah Dan Mempunyai Makna Sebagai Sarana Konsultasi dan Pemersatu

Reporter: Anton

KAB TASIK. FOKUSPRIANGAN. ID – Dengan adanya informasi tidak akan lama lagi pemilihan Ketua Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia. (DPC APDESI) Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Alfie Akhmad Sa’dan Hariri Kepala Desa Mandalamekar, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, dalam keterangan tertulisnya kepada fokuspriangan. Id, Senin (31/8/2020), mengatakan sesuai dengan semangat di bentuknya APDESI sebagai mitra pemerintah dan mempunyai makna sebagai sarana konsultasi dan pemersatu. Lalu mengingat fungsi dan tugas pokoknya dalam melaksanakan misi perjuanganya, strategi yang bersifat konsefsional dan oprasional/karya nyata.”Ucapnya.

Masih menurut Alfie untuk strategi konsepsional diterapkan dalam bentuk penyampaian pemikiran, saran dan gagasan APDESI kepada penentu kebjakan di tingkat pusat maupun di tingkat daerah dalam kaitannya dengan aturan (undang-undang dan peraturan lainnya), dan kebijakan untuk kemajuan pemerintahan dan masyarakat pedesaan.”Ujarnya.

Sedangkan strategi yang bersifat operasional, lebih mengarah kepada kepentingan nasib kepala desa dan perangkat desa seperti kedudukan keuangan, advokasi, dan penghargaan, yang secara langsung menyentuh kepentingan Kepala desa dan perangkat desa. maka selanjutnya ketua dan pengurus APDESI harus lebih paham dan selanjutnya mampu mewujudkan apa yang di cita citakan, jadi dari awal mengapa harus ada atau mengapa APDESI di bentuk.”Katanya.

Ditanya ada berapa yang mencalonkan ketua DPC APDESI kabupaten Tasikmalaya, sekarang ? Alfie mengatakan saya tidak terlalu tau berapa bakal calon, karena belum jelas kapan pemilihanya juga, apalagi untuk calonya.

Apakah anda mendengar ada salah satu Calon Ketua DPC APDESI Nandang Abdul Ajiz, Kepala Desa Tawangbanteng, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya sedang melakukan roadshow/ silaturahim ke DPK dan Kepala Desa? Ya saya mendengar itu. Dan bagaimana tanggapan dan penilaian anda terhadap Calon Ketua APDESI Nandang Abdul Ajiz? Mengatakan Kita harus budayakan pemilihan apapun itu ya harus objektif. Fokus terhadap tujuan dari pemilihan itu kalau tugas ketua APDESI itu segitu banyak dan berat, maka siapapun itu termasuk Nandang, ya harus termasuk kepada kriteria orang yang mampuh mendohirkan tujuan dari di bentuknya APDESI tersebut.

Makanya kalau menurut saya, buat dulu kriteria pemimpin untuk ketua APDESI yang tentunya mendekati sempurna, nanti kita tinggal ukur, apakah kang Nandang masuk kepada kriteria tersebut.

Karena kita harus hidupkan budaya tata cara memilih pemimpin yang baik dan benar, adapun sampai hari ini saya belum.dengar yang lain ikut nyalon selain Nandang Abdul Ajiz.

Kalau tidak ada lagi, apa boleh buat dia harus maju dan tetapi kalau ada lagi yang lebih kebaikannya kenapa tidak.
Kita menjatuhkan pilihan kepada sesorang yang lebih mendekati kepada kriteria yang sudah di sepakati tadi dan bila beliau terpilih nanti, ya harus mampu menjabarkan tujuan di bentuknya APDESI tadi, intinya beliau harus mampu menjabarkan dan juga harus bisa mengaktualisasikan apa yang seharusnya di lakukan sehingga tujuan di dirikanya organisasi APDESI dapat terwujud. Terutama bagaimana beliau mampuh mengkomunikasikan atau mampu menyampaikan pemikiran, saran dan gagasan APDESI kepada para penentu kebijakan, dan secara operasional yang mengarah kepada bagaimana nasib para kepala desa dan para perangkatnya, sehingga terciptanya kesejahteraan bersama adalah mutlak.”Pungkasnya.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter