Fokus Kota Tasik Sosial

10 Muharram, Yayasan Al.Maryamah Beri Santunan ke Anak Yatim dan Kaum Dhuafa

Reporter : AMF-Ando Saragih

KOTA TASIK.FOKUSPRIANGAN.ID – Dalam bulan Muharram terbersit banyak keberkahan yang jika dijalankan secara baik akan mendapat syafaat Rosululloh Salah satu berkah dibulan muharram yang sarat dengan pahala kebaikan yakni pada hari kesepuluh dibulan ini disunnahkan untuk menyantuni anak yatim.

Hal ini seperti yang dilaksanakan oleh pengurus yayasan Al-Maryamah yang berada di Perumahan Kota Baru Kel.Kota Baru kecamatan Cibeureum kota Tasikmalaya menggelar kegitan bersifat sosial berupa menyantuni sekitar 60 anak yatim piatu dan dhuafa.

Penyantunan anak yatim itu dipusatkan di Mesjid Al-Amin Jl.Bogor Perum Kota Baru Kec.Cibeureum Kota Tasikmalaya, Sabtu (29/08/20) malam.

Ketua Yayasan Al.Maryamah Iyam Suryamah, mengatakan kegiatan ini merupakan syiar Islam yang wajib untuk terus dilaksanakan, dimana pahalanya sudah jelas 10 kali lipat dari pada bulan selain bulan muharram setiap tahunnya. Juga mengingat semua kejadian para nabi berada dibulan muharam, Rasulullah sendiri disamping yatim juga manusia pilihan, dan ada juga nabi yang dikeluarkan dari perut ikan, juga banyak lagi kejadian para nabi lain kejadiaannya dibulan muharam “Santunan terhadap anak yatim ini merupakan kegiatan yang banyak membawa keberkahan. Dibulan muharram ini bagaimana kita bisa membahagiakan anak yatim, karena muharram utamanya dihari kesepuluh identik dengan lebarannya anak yatim, untuk itu bahagiakan mereka.”ujarnya.

“Iyam juga menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk pembelajaran kepada anak-anak supaya bersama-sama mempunyai empati terutama kepada rekan-rekannya yang sudah tidak memiliki ayah dan ibu. Selain itu juga sebagai pembelajaran bagi mereka berbagi kepada sesama.

“Kita berharap dengan kegiatan tersebut anak-anak bisa tumbuh rasa empatinya, rasa belas kasihnya sesama manusia apalagi sesama rekannya,” ujarnya.

“Kami atas nama panitia, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak dan donatur. Mudah-mudahan, amal kebaikan semua dibalas Allah, dimudahkan segala urusannya, mendapatkan rida Allah SWT, amin,”pungkasnya.

Sementara Wawang Wardana.S.I.P Selaku tokoh masyarakat setempat, mengatakan bahwa santunan yatim piatu dan dhuafa tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati 10 muharam. Sesuai Hadist Nabi Muhammad SAW, yang menganjurkan berpuasa selama 3 hari tanggal 9, 10, dan 11 Muharram atau Syura, kita disuruh untuk berpuasa. Selain itu, anjuran di hari Asyura terutama pada hari kesepuluh juga umat Islam dianjurkan untuk menyantuni anak-anak yatim piatu.”Ujarnya.

“Siapa yang mengusapkan tangannya pada kepala anak yatim di hari Asyura (tanggal 10 Muharram), maka Allah akan mengangkat derajatnya, dengan setiap helai rambut yang diusap satu derajat. Itu menjadi dasar kami melaksanakan santunan yatim piatu dan fakir miskin tiap 10 Asyura,”katanya.

Wawang berharap kepada warga utamanya yang ada disekitar yayasan untuk terus meningkatkan keimanan serta peduli terhadap kehidupan anak yatim.” Semoga selamanya kegiatan ini terus terlaksana dan mengalami peningkatan baik dari sisi donasi sehingga akan berpengaruh pada pemberian nominal pada anak-anak yatim.” pungkasnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter