FOKUS SUKABUMI Pemerintahan Sosial

Sekda Kabupaten Sukabumi Iyos Sumantri Resmi Mengundurkan Diri

Reporter : Rusdi

SUKABUMI.FOKUSPRIANGAN.ID Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri akhirnya secara resmi mengajukan surat pengunduran diri. Informasi tersebut dikatakan Kepala BKPSDM Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman.

Ade mengatakan, Iyos telah mengajukan surat pengunduran diri yang ditujukan kepada Bupati Sukabumi, Marwan Hamami.
“Pak Iyos sudah mengajukan surat pengunduran diri ke Pak Bupati, yaitu pensiun Atas Permintaan Sendiri (APS),” kata Ade.

Dia mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti surat pengunduran diri tersebut kepada Badan Kepagawaian Negara (BKN). “BKPSDM menindaklanjuti dengan diajukan ke BKN untuk mendapatkan hak pensiunnya,” jelas Ade.

Pada intinya, ucapnya, yang bersangkutan mengajukan APS. “Kan nanti akan kejawab pada waktu tanggal pendaftaran, daftar atau tidaknya,” ujarnya.

Mundurnya Iyos Somantri dari jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, membuat posisi tersebut kosong dan perlu dicari penggantinya.
Ade mengatakan, setelah nanti Iyos resmi pensiun secara APS, maka selanjutnya Bupati mengangkat Pejabat Sekda.

Bupati mengangkat Penjabat Sekda setelah mendapat persetujuan Gubernur sebagai wakil pemerintah,” kata Ade, Kamis (27/8/2020). Ade menuturkan, ketentuan tersebut diambil berdasarkan Perpres Nomor 3 Tahun 2018. Ade menyebut, Pejabat Sekda tersebut diangkat dari kalangan pejabat Eselon II. “Insya Allah waktu dekat,” kata Ade.

Dia memastikan 1 September 2020 mendatang sudah ada penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) yang akan menggantikan Iyos Somantri. “Dalam Perpres Nomor 3 Tahun 2018 sudah dicantumkan. Bupati boleh memilih satu orang yang memenuhi syarat, diusulkan ke Gubernur. Nanti kalau disetujui oleh Gubernur, itu akan dilantik,” pungkasnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter