FOKUS SUKABUMI Pemerintahan Sosial

Pemkab Sukabumi Perbaiki 4.860 Rutilahu di Tahun 2020

Reporter : Rusdi

SUKABUMI.FOKUSPRIANGAN.ID Sebanyak 4.860 rumah tidak layak huni (rutilahu) di perkampungan dan pelosok Kabupaten Sukabumi menjadi target perbaikan. Dari jumlah itu, biaya pembangunan 1.600 rumah bersumber dari Pemkab Sukabumi. “Rutilahu sudah kita programkan bedah kampung ini 40 unit, mudah-mudahan ini bisa menjadi program lanjutan. Total dari kabupaten 1.600 untuk di APBD 2, tapi seluruhnya 4.680, baik provinsi pusat maupun kabupaten,” kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

Rutilahu tersebut diperbaiki untuk mengembalikan fungsi dan kualitas tempat tinggal fakir miskin agar layak ditinggali.

Menurut Marwan, perbaikan rumah tidak layak huni ini berbeda dengan program biasanya. Program ini lebih kepada bedah kampung karena beberapa kecamatan mendapatkan kuota lebih untuk perbaikan Rutilahu.
Hal itu disampaikan Marwan dalam acara launcing program perbaikan Rutilahu Tahun 2020 dilokasi Program Terpadu Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) di Kampung Kebon Jengjeng Desa Limusnunggal Kecamatan Bantargadung Kabupaten Sukabumi, Rabu (26/8/20).”Melalui program bedah kampung ini satu kampung bisa diperbaiki secepatnya hingga layak, kita programkan dikampung ini 40 unit rumah. Untuk satu Kabupaten total 1.600 (rumah) dari (sumber anggarannnya) APBD II dan seluruhnya 4680 an bantuan Provinsi dan Pusat,” ungkapnya.

Marwan menjelaskan bahwa desa harus menjadi pusat pertumbuhan ekonomi. Adapun program perbaikan Rutilahu ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat pedesaan. “Desa sejahtera itu akan berimbas pada kota yang sejahtera, tapi kalau kota sejahtera belum tentu desa akan sejahtera sehingga kita mulai pembangunan dari pinggiran, kegiatan ini merupakan upaya untuk menigkatkan kualitas hidup melalui rumah layak huni sesuai standar,” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Sukabumi Puji Widodo mengatakan program perbaikan Rutilahu tersebut bertujuan untuk memberikan tempat tinggal yang layak, sehat dan sejahtera bagi masyarakat kurang mampu dan masyarakat berpenghasilan rendah. Puji menjelaskan program tersebut dimulai pada bulan ini. “Program perbaikan Rutilahu Kabupaten Sukabumi ini dilaksanakan pada Agustus – November 2020,” jelasnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter