Fokus Kota Banjar Pemerintahan Sosial

Dorong Sektor Perikanan Pemkot Banjar Siapkan Bantuan Untuk Kelompok Budidaya Ikan

Reporter: Zaenal Abidin

KOTA BANJAR. FOKUSPRIANGAN.ID – Pemerintah Kota Banjar sedang menyiapkan program bantuan untuk kelompok budidaya ikan sebagai langkah untuk mendorong sektor perikanan agar bisa kembali bangkit di masa New Normal.

Kepala Bidang Perikanan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (Distan) Kota Banjar, Yoyon, membenarkan bahwa Pemerintah Kota Banjar sedang menyiapkan program bantuan untuk kelompok budidaya ikan.

Namun pihaknya belum bisa memastikan secara pasti kapan program tersebut akan direalisasikan. Lebih lanjut, yoyon menjelaskan, dalam program ini setiap kelompok budidaya ikan akan mendapat bantuan benih beserta pakan dan bantuan alat serta sarana perikanan.

“Kalau tidak ada halangan, semoga bulan September program ini sudah bisa direalisasikan. Untuk program yang sudah berjalan, salah satunya adalah program pengembangan perikanan masyarakat, alhamdulillah sudah terealisasikan di awal tahun, bahkan bulan Maret sudah panen,” kata Yoyon. Rabu (26/8/2020).

Yoyon menambahkan, rencananya program ini akan menyasar kelompok budidaya ikan yang sudah mempunyai legalitas dan pondok pesantren sebagai prioritas utama dalam program ini. Sebanyak 50 kelompok budidaya ikan yang tersebar di setiap daerah di Kota Banjar akan menjadi target dari program bantuan ini.

“Sejauh ini, sudah ada 45 kelompok yang mengusulkan. Pihak kita masih terus melakukan verifikasi lapangan untuk melihat potensi dan kelayakan. Program ini tidak bisa diberikan kepada perorangan, harus berkelompok. Minimal 10 orang per kelompok,” jelas Yoyon.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter