FOKUS SUKABUMI Sosial

Pembangunan Bandara Nasional di Sukabumi Mangkrak

Reporter : Rusdi

SUKABUMI.FOKUSPRIANGAN.ID Pembangunan Bandara Sukabumi dipastikan tidak akan terwujud dalam waktu dekat. Padahal pemerintah pusat menetapkan Kabupaten Sukabumi sebagai lokasi proyek pembangunan berskala nasional 2019 lalu.

Berdasarkan informasi ada tiga proyek nasional yang dilaksanakan di wilayah Kabupaten Sukabumi. Dari ketiga proyek nasional itu, hanya pembangunan Bandara Sukabumi mangkrak dan tidak terwujud tahun ini. Sementara pembangunan double track┬ádi lintasan rel kereta api Sukabumi-Bogor dan proyek pembangunan jalan Tol Bogor – Ciawi- Sukabumi┬ásudah mulai berjalan. Bahkan proyek jalan Tol yang saat ini tengah dalam proses pengerjaan kontruksi untuk sesi II sepanjang 11,90 Km meliputi Cigombong, Bogor – Cibadak,┬áSukabumi.

Sedangkan proyek pembangunan Bandara Sukabumi yang berlokasi di Kecamatan Cikembar sampai pada pertengahan tahun 2020 ini masih belum menunjukan perkembangan lebih lanjut, bahkan pengerjaannya terkesan mandeg.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Lukman Sudrajat, mengatakan terganjalnya pembangunan┬ábandara Sukabumi┬áitu, dipicu akibat terbentur ketentuan yang mengatur tentang rencana tata ruang wilayah (RTRW). “Bukan mandeg, tapi masih menunggu hasil revisi Perda┬áRTRW┬ádi tingkat Provinsi Jawa Barat,” katanya, Selasa (25/8/2020).

Sebelumnya Bupati┬áSukabumi, Marwan Hamami mengatakan ketiga proyek infrastruktur berskala nasional yang berlokasi di wilayahnya itu akan memacu peningkatan ekonomi daerah. “Untuk jalan tol dan doble track akan mampu mengurai masalah kemacetan lalulintas, sedangkan keberadaan bandara┬ánantinya akan mendongkrak pendapatan daerah dari sektor pariwisata, terutama untuk menunjang Geopark Ciletuh sebagai destinasi wisata dunia,” ujar Marwan.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter