FOKUS SUKABUMI Sosial

Ribuan Pelaku UMKM Antri Daftarkan BLT di DPKUKM Kabupaten Sukabumi

Reporter : Rusdi

SUKABUMI.FOKUSPRIANGAN.ID Pengajuan dan hibah bantuan langsung tunai ( BLT ) untuk Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) di Kabupaten Sukabumi semakin meningkat. Hal itu dibuktikan dengan adanya ribuan pelaku UMKM yang mendaftar program BLT ke kantor Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi.

Informasi dihimpun, pendaftar program BLT Kementrian Koperasi sudah mencapai 9 ribu pelaku UMKM. Salah seorang pelaku UMKM dari Kecamatan Cicurug yang tidak mau disebut namanya kepada FokusPriangan.id mengatakan kalau dirinya sudah dari pagi antri menunggu untuk mendaftarkan diri di kantor DPKUKM ini. “Mudah-mudah usaha saya untuk mendapatkan bantuan modal benar-benar terkabul, sehingga usaha yang saya jalani bisa semakin maju ditengah pandemi covid-19,” katanya.

Dikatakannya, adanya program ini sangat membantu para pelaku usaha kecil, karena tidak bisa dipungkiri efek dari fandemi covid-19 sangat terasa. “Antusias masyarakat sangat tinggi, dari awal dibuka pendaftaran, antusiasme pelaku UMKM sangat tinggi,” ujar Kepala Bidang UKM DPKUKM Kabupaten Sukabumi, Nandang Sunandar kepada Fokuspriangan.id, Senin (24/8/2020).

Nandang mengaku kalau pihaknya hanya memberikan fasilitas pendaftaran verifikasi awal. Sedangkan untuk proses selanjutnya masuk ke ranah pusat untuk dilakukan verifikasi dan validasi. “Kita hanya memfasilitasi pendaftaran verifikasi awal, verifikasi lanjutan dan eksekusinya berada diranah pusat untuk dilakukan verifikasi dan validasi oleh Kemenkop dan UKM bersama dengan Kemenkeu dan OJK,” katanya.

Menurut Nandang, program ini dilakukan untuk membantu para pelaku usaha UMKM yang belum pernah akses kelembaga perbankan akan mendapatkan sebesar Rp 2,4 juta. “Program ini sifatnya hibah, bukan pinjaman sehingga para pelaku UMKM tidak harus mengembalikannya. Jadi, bantuan ini diperuntukan bagi pelaku usaha mikro yang belum mendapatkan pembiayaan modal kerja dan investasi dari perbankan untuk ikut aktif mendaftarkan diri melalui dinas koperasi terdekat,” tandasnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter