Fokus Kab Ciamis Sosial

Ratusan Calon Bintara PTU (Polisi Tugas Umum) dan Bakomsus (Bintara Kompetensi Khusus) Memasuki Tahapan Pemeriksaan Administrasi Awal

Reporter : Alvine

KAB.CIAMIS.FOKUSPRIANGAN.ID Ratusan Calon Bintara PTU (Polisi Tugas Umum) dan Bakomsus (Bintara Kompetensi Khusus) yang mendaftar dan telah terverifikasi di Polres Ciamis Polda Jabar kini memasuk tahapan seleksi pemeriksaan administrasi awal. Seleksi tersebut dilaksanalan Polres Ciamis di Gelanggang Galuh Taruna, Jl. Letnan Samuji, Ciamis, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (22/08/2020).

Tercatat yang mendaftar di Polres Ciamis sebanyak 325, dimana 295 peserta telah terverifikasi dan mengikuti tahapan seleksi pemeriksaan administrasi awal. Mereka terdiri dari 273 Bintara PTU dan 22 Bakomsus.

Kapolres Ciamis, AKBP Dony Eka Putra, S.I.K., M.H., melalui Kabag Sumda Polres Ciamis, Kompol Aniek Sulistyani mengatakan, pada hari kedua Polres Ciamis melaksanakan kegiatan pemeriksaan administrasi awal kepada 100 Calon Bintara PTU Polisi laki-laki. Pemeriksaan tersebut berlangsung selama empat hari terhitung dari tanggal 21-24 Agustus 2020.

“Dari 273 Calon Bintara PTU, mereka terdiri dari 43 peserta wanita dan 230 peserta laki-laki. Sedangkan 22 peserta Bakomsus semuanya adalah laki-laki,” kata Aniek Sulistyani.

Kompol Aniek menjelaskan, dalam seleksi tahapan ini para peserta akan dilakukan pengecekan kesehatan, ukur tinggi badan, dan pemeriksaan berkas-berkas ijazah pendidik pendidikan. Mulai dari berkas SD, SMP, dan SMA dilakukan pengecekan nilai pendidikan.

“Pemeriksaan ijazah dan nilai-nilai raport diperiksa oleh petugas terkait dari Polri. Untuk SD dan SMP diperiksa oleh petugas dari Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, sementara untuk SMA dari Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XIII Jawa Barat dan dari MI akan dicek oleh Kemenag Cabang Kabupaten Ciamis,” jelasnya.

“Pemeriksaan ini akan menentukan lanjut tidaknya peserta dalam seleksi tahapan administrasi awal menuju tahapan selanjutnya di Polda Jabar,” tambahnya.

Kompol Aniek menambahkan, proses penerimaan calon anggota Polri tahun 2020 sedikit berbeda, lantaran masih dalam situasi pandemi Covid-19 yang mengharuskan peserta dan panitia mengedepankan protokol kesehatan. “Para peserta dan panitia diwajibkan untuk menggunakan masker, face shield (pelindung muka) dan sarung tangan, serta menjaga jarak. Ini semua sebagai upaya bersama untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19,” katanya.

Kompol Aniek berharap, para peserta dapat mengikuti seleksi tepat waktu dan koorperatif. Sehingga pelaksanaan seleksi ini dapat berjalan lancar dan kondusif.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter