Fokus Kota Tasik Sosial

Mengisi Waktu Libur, H Murjani Berkunjung Ke Sentra Batik Kota Tasik

Reporter : H Amir

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Anggota Komisi 2 Fraksi Partai Gerindra DPRD Kota Tasikmalaya, H Murjani,SE.,MM dalam memanfaatkan liburan bulan Muharam berkunjung ke sentra industri batik yang berada di Jalan Cigeureung Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya

Salah satu pengrajin batik kepada H Murjani SE.,MM menuturkan Batik Tasikmalaya merupakan produk unggulan Pemerintah Kota Tasikmalaya.

“Ada beberapa motif pengembangan dari Batik Tasikmalaya yang lain seperti batik bunga anggrek dengan isen-isen burung antara lain motif batik merak ngibing, motif batik cala culu, dan ada juga motif batik pisang bali, motif batik sapu jagat, motif batik awi ngarambat, juga ada beberapa motif turunannya yang bermotif seperti akar, balimbing, antanan, guci latar batu, lancah tasik dan beberapa motif lainnya,” jelasnya

H Murjani SE.,MM pada kesempatan tersebut menyampaikan Batik Tasikmalaya tidak seperti batik lainnya yang memiliki filosofi luhur pada setiap motifnya, batik Tasikmalaya hanya memberikan pesan bahwa kita harus bersinergi dengan alam untuk menjaga kelestariannya.

“Setiap motif batik Tasikmalaya dapat kita gunakan menjadi model baju batik modern dengan memadukan antara kontemporer dan kekinian. Menurut para pekerja saat adanya Pandemi Covid-19 omzet turun drastis. Saat mengadakan kunjungan ke beberapa toko bahwa para pengrajin melalui kelompok bisa diskusi panjang di Komisi II. Ingin adanya pengembangan dan menumbuhkan kebanggaan memakai Batik Tasikmalaya. Saya pun mengharapkan diadakan kampanye besar-besaran di setiap Dinas dengan slogan “Keren Itu…Ya Beli Produk Lokal Tasikmalaya”. Harapan ini juga telah disepakati dalam Perda Pengembangan Usaha Mikro bahwa Walikota Tasikmalaya akan mengeluarkan Perwalkot Beli dan pakai produk lokal seperti kewajiban para ASN Kota Tasikmalaya memakai Batik Tasikmalaya setiap hari Selasa, termasuk juga para pelajar agar dapat menggunakan pula Batik Tasikmalaya,” tutupnya.

About the author

redaksi

1 Comment

Click here to post a comment

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter