Fokus Kab Ciamis Sosial

Antisipasi Kemacetan Memasuki Libur Panjang, Satlantas Polres Ciamis Siagakan 9 Pos Pengamanan

Reporter : Alvine

KAB.CIAMIS, FOKUSPRIANGAN.ID – Memasuki libur panjang dan Peringatan Hari Besar Indonesia yakni Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah, tingkat kepadatan kendaraan di jalan raya menjadi meningkat. Dimana libur panjang ini terjadi dari tanggal 20-23 Agustus 2020.

Untuk mengantisipasi kemacetan akibat kepadatan kendaraan, Satlantas Polres Ciamis Polda Jabar menyiagakan sembilan pos pengamanan dan satu pos pelayanan. Di setiap pos akan dijaga beberapa personel Polres Ciamis.

“Sebanyak 811 anggota disiagakan dan disebar ke sembilan Pos yang disiagakan. Mereka disiagakan untuk memantau dan mengatur arus lalu lintas apabila terjadi kepadatan,” ujar Kasat Lantas Polres Ciamis Ajun Komisaris Polisi Sofyan Efendi, SH., saat ditemui disela-sela kegiatan, Jumat (21/08/2020).

Kasat Lantas menjelaskan, kesembilan pos tersebut, diantaranya Pos Pelayanan Alun Alun Ciamis, Pospam Cihaurbeuti, Pospam Sindangkasih, Pospam Bojong, Pospam Cisaga, Pospam Alun Alun Banjarsari, Pospam Kalipucang, dan Pospam Pangandaran.

Lebih lanjut, Kasat Lantas mengatakan, sampai dengan malam ini, arus lalu lintas di Wilayah Hukum Polres Ciamis terpantau cukup lancar dan terkendali. Baik dari arah Tasik menuju Pangandaran maupun sebaliknya.

“Sementara arus lalu lintas di Wilayah Hukum Polres Ciamis sampai sore ini pukul 15.00 WIB, situasi dari arah Barat menuju arah Timur maupun sebaliknya lancar dan terkendali,” jelasnya.

Kasatlantas mengimbau kepada para pengendara yang hendak akan berwisata di Wilayah Hukum Polres Ciamis untuk mempersiapkan kendaraannya dengan baik, mulai dari mesin kendaraan, rem, ban, hingga surat-surat berupa SIM dan STNK sebelum berangkat. Tentunya, patuhilah peraturan lalu lintas, budayakan sopan santun dan etika berlalu lintas di jalan dengan baik.

“Pakailah helm SNI, hindari berboncengan tiga, sabuk pengaman, dan tentunya perhatikan batas kecepatan. Jika mabuk jangan berkendara. Utamakan keselamatan baik diri anda maupun pengguna jalan yang lain,” tandasnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter