FOKUS SUKABUMI Sosial

Warga Keturunan Tionghoa Sukabumi Gelar Upacara Bendera di Hari Kemerdekaan RI ke 75

Reporter : Rusdi

SUKABUMI.FOKUSPRIANGAN.ID – Sebanyak 30 warga keturunan Tionghoa di Sukabumi, memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia. Warga keturunan Tionghoa yang menjadi peserta upacara tergabung dalam Komunitas PSMTI, HAKKA, Yong Chun, Fu Qing, Vihara Whidisakti dan INTI menggelar upacara bendera di Lapang Komplek Ruko Danalaga Squaer, Jalan Pajagalan, Kota Sukabumi, Senin (17/8/2020).

Momentum peringatan hari kemerdekaan RI ini bukan hanya dianggap sekadar seremoni saja. Namun, sebagai wujud nyata dalam meningkatkan rasa nasionalisme di hati masing-masing peserta upacara. Berdasarkan pantauan dilapangan upacara tersebut digelar dengan menerapkan standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19, seperti penggunaan masker, menjaga jarak, cuci tangan, dan pengecekan suhu tubuh dengan thermogun, serta pembatasan peserta.

Ketua Panitia Hasan Ichsan mengatakan, pelaksanaan upacara tersebut telah dipersiapkan sejak sekitar 10 hari yang lalu. Tak lupa, ujar Hasan, pihaknya juga berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Sukabumi agar pelaksanaan upacara yang dilakukan sesuai dengan standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Peserta upacara tidak terlalu banyak. Kemudian ada semacam scan dari awal untuk pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan, baru peserta diperbolehkan masuk ke tempat ini untuk mengikuti upacara,” kata Hasan, usai mengikuti upacara kemerdekaan RI.

Menurutnya, makna dari kemerdekaan ini jelas. Kemerdekaan ucapnya, bukan hanya untuk orang per orang tapi hak seluruh bangsa Indonesia. “Kami suku Tionghoa adalah warga negara Indonesia juga dan menunjukan jati diri kita bahwa kita cinta Indonesia,” ucap Pembina Upacara Tan Wijaya.

Tan mengungkapkan, di peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-75 ini pihaknya menginginkan adanya keadilan sosial, toleransi antar bangsa, dan terciptanya kerukunan serta kebhinekaan untuk bergotong royong membangun Indonesia. “Dengan adanya Pandemi Covid-19 ini kita juga merasa prihatin dan ingin berbakti serta berjuang dengan elemen bangsa lainnya untuk bisa bersama-sama lepas dari pandemi ini,” tandasnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter