Fokus Bogor Sosial

Puncak Bogor Macet Total di Libur Panjang Hari Kemerdekaan RI

Reporter : Arif Rahman-Fajar

BOGOR.FOKUSPRIANGAN.ID – Libur panjang hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 kawasan Puncak Bogor macet total. Kemacetan sudah terjadi sejak Jumat (14/8/2020). Untuk itu, Polres Bogor menyarankan agar pengendara dengan tujuan Cianjur, Bandung, dan Cimahi bisa menggunakan jalur Jonggol dan Sukabumi.

Hal itu dikatakan Kasatlantas Polres Bogor Ajun Komisaris Fitra Zuanda, mengingat kepadatan jalur Puncak Cisarua, Kabupaten Bogor libur akhir pekan dan HUT Kemerdekaan RI jalur Puncak padat. “Saya menyarankan agar tidak melalui jalur Puncak. Sebaiknya melalui jalur exit (keluar) di Cibubur, kemudian tembus di Jonggol, kemudian tembus di Cianjur,” kata Fitra kepada Fokuspriangan.id, Senin (17/8/2020). Dikatakannya, untuk waktu tempuh Jakarta hingga Cianjur via Jonggol dapat dilalui dengan waktu sekitar 2 jam 45 menit.

Alternatif kedua, yaitu melalui Tol Bocimi, keluar di Cigombong, melintasi Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, kemudian tembus di Cianjur, sehingga tidak ikut menumpuk dengan kendaraan yang bertujuan ke tempat wisata di kawasan Puncak Bogor. Untuk waktu tempuh, via Sukabumi diperkirakan memakan waktu 3 jam 41 menit. “Jadi tidak akan terjadi penumpukan rute-rute panjang bergabung dengan rute yang memang menuju tempat wisata,” ujarnya.

Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah ( one way ) dengan jadwal pagi hari untuk memprioritaskan kendaraan ke atas atau Jakarta menuju Puncak/Cianjur dan siang hingga sore dengan memprioritaskan kendaraan dari arah Puncak mengerah Jakarta/Bogor. “Jadwal tersebut masih bersifat tentatif. Kami memberlakukan sistem one way melihat kondisi di lapangan,” tandasnya.

Editor: Rusdi.SH

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter