FOKUS SUKABUMI Pendidikan Sosial

Hanya 31 SMA Sederajat di Kota Sukabumi yang Siap KBM Tatap Muka

Reporter: Rusdi

SUKABUMI.FOKUSPRIANGAN.ID – Sebanyak 31 dari 58 Sekolah Menengah Atas ( SMA ) sederajat dinyatakan siap melaksanalan kegiatan belajar dan mengajar ( KBM ) secara tatap muka. Rekomendasi dikeluarkan oleh tujuh tim verifikasi setelah hampir empat hari melakukan serangkaian kunjungan ke seluruh sekolah. Verifikasi kelayakan menjelang proses pembelajaran tatap muka yang akan diberlakukan di seluruh sekolah di Kota Sukabumi.
Rekomendasi dikeluarkan setelah tim verifikasi melakukan serangkaian rapat pleno tujuh tim. Tim yang melibatkan para pejabat dilingkungan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, PGRI, Badan Musyawarah Sekolah Swasta dan Perguruan Guru Madrasah itu, akan segera melaporkan hasilnya ke Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Sementara 14 sekolah telah dimintai tim verifikasi penanganan percepatan penyebaran Covid-19 untuk segera memperbaiki sarana dan prasarana. Terutama untuk memenuhi persyaratan kegiatan pembelajaran tatap muka sesuai prosedural ketetapan kesehatan. Sedangkan 13 sekolah dinyatakan tim verifikasi tidak layak atau belum mengikuti kegiatan tatap muka. Dan sekolah tersebut untuk sementara harus mengikuti kegiatan menggunakan daring atau luring.

“Adapun dua sekolah yang sebelumnya dinyatakan masih menyiapkan sarana dan prasarana memadai agar berlangsung kegiatan tatap muka. Diberi waktu hingga awal September mendatang dapat segera direalisasikan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, Nicke Rahayu, Sabtu (15/8/2020).

Adapun dua sekolah lagi, ucap Nicke Rahayu, tim verifikasi merekomendasi agar pihak sekolah melanjutkan aktivitas pembelajaran jarak jauh. Sekolah tersebut sama sekali tidak memiliki sarana dan prasana pendukung saat proses pembelajaran disekolah. “Dua sekolah lainnya, pihak sekolah menyatakan tidak bersedia di verifikasi dan akan melanjutkan aktivitas pembelajaran daring,” katanya.

Nicke mengatakan tim verifikasi yang melibatkan unsur dari Satgas Penanganan Percepatan Covid-19, melakukan serangkaian verifikasi kelayakan sekolah tatap muka.
Tim gabungan tidak hanya melakukan verifikasi di SMA Negeri, SMA Swasta, SMK dan MA, Se-Kota Sukabumi. Tapi tiga Sekolah Luar Biasa (SLB) dan satu paket C ikut serta di verifikasi.
“Hasil pleno telah diserahkan kepada kepala daerah yang juga ketua Satgas Penanganan Percepatan Covid-19, untuk ditindak lanjutnya,” katanya.

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi mengatakan segera memberikan rekomendasi sesuai masukan dari tim verifikasi. Terutama kepada sekolah yang dinilai layak mengikuti kegiatan pembelajaran tatap muka. “Kami akan segera merekomdasi, hanya saja hasil sidang pleno tim verifikasi masih belum diperoleh. Kami berharap sebelum dimulai proses pembelajaran tata muka dikukuhkan dapat muncurl,” katanya.

Achmad Fahmi mengatakan akan segera memberikan bantuan kepada pihak sekolah yang masih memiliki sarana dan prasana sesuai protokol kesehatan.”Kami akan segera membantunya,” katanya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter