Fokus Jakarta Sosial

Warga di Ke Rw an 12 kelurahan Jatinegara, Ubah Berbagai Limbah Plastik Dan Garmen Jadi Kerajinan Menarik

Reporter : Nur Azizah
Editor : AM

JAKARTA.FOKUSPRIANGAN.ID – Kebanyakan orang kerap memandang remeh barang bekas di sekitarnya, seperti sedotan, kardus, botol minuman plastik, keramik, dan lainnya. Barang bekas tersebut dibiarkan menumpuk di sudut rumah, dibuang begitu saja, atau dijual dengan harga murah.

Padahal, barang bekas itu dapat didaur ulang menjadi kerajinan tangan unik dan bisa dijual dengan harga mahal,”Seperti hal nya yang di lakukan oleh pengurus ke Rw an 12 Rt 009 Kp. Pemgarengan Rt 009, kelurahan Jatinegara, Cakung Jakarta Timur, berserta Karang Taruna memanfaatkan barang bekas seperti botol minuman air meneral, limbah garmren ,limbah plastik di sulap menjadi kerajinan yang keren, seperti Boneka ondel ondel, Tas dan lain lain.

Saat berbincang dengan ketua Rw 12 Irianto. SE, menyampaikan kita memanfaatkan limbah tersebut di jadikan berbagai kerajinan yang bagus dan keren kita membuat berbagai kerajinan tersebut tidak pakai modal besar hanya dengan memanfaatkan limbah yang ada di sekitar kita seperti botol air meneral, limbah garmen dan limbah plastik lainnya.”ucapnya pada Fokuspriangan.Id, Kamis (13/08/20)

Lanjut Irianto, kegiatan ini kita memberikan kegiatan positif buat anak anak muda daripada main lebih baik diisi dengan kegiatan seperti ini, kita juga melibatkan para kader kader PKK dalam pembuatan kerajinan ini, intinya kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi sampah non organik. Dan yang paling penting yaitu bisa membantu meningkatkan ekonomi,”ujarnya.

“Dengan harapan semoga kegiatan ini bisa dibina dalam hal pendalaman materi, serta dalam hal pemasaran karena jujur sampai sekarang ini kami belum pernah ikut pameran melainkan didagangkan melaui online dan via pertemanan saja. Dari hasil penjualannya ini untuk
menghidupkan organisasi di Rw 012 juga untuk kegiatan para kader, serta anak anak karang taruna,”katanya.

Irianto menambahkan untuk pendanaan modal awal kita baru dari uang kas Rw an dan kas Karang taruna. Kita belum pernah mendapatkan bantuan dari pihak pemerintah atau dinas UMKM atau dari swasta. Ini murni kas yang ada di kami saja. Semoga dengan diangkatnya berita ini bisa dibaca dan semoga bisa mendapatkan bantuan agar dapat berkembang lebih besar lagi dengan kreatifitas yang lain,”pungkasnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter