Fokus Kota Banjar Sosial

Ini Lho! Tiga Kesenian Asli Kota Banjar

Reporter: Zaenal Abidin

KOTA BANJAR.FOKUSPRIANGAN.ID – Reog Dongkol, Manuk Janur dan Jurig Sarengseng adalah tiga kesenian asli Kota Banjar. Selain menjadi ikon Kota Banjar, tiga kesenian asli Kota Banjar tersebut sudah diakui Nasional.

Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Banjar, Oom Supriatna, menerangkan, tiga kesenian khas Kota Banjar tersebut sudah dijadikan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Kemendikbud. Selain itu, masih kata Oom, tiga kesenian asli Kota Banjar tersebut sudah sering mengikuti berbagai event di tingkat Provinsi maupun Nasional.

“Untuk prestasi, tidak perlu diragukan lagi, tiga kesenian asli Kota Banjar ini sudah sering mendapat apresiasi,” kata Oom saat ditemui Fokuspriangan.id di ruang kerjanya. Kamis (13/8/2020).

Lebih lanjut, Oom menjelaskan, tiga kesenian tersebut berasal dari tiga Desa di wilayah Kota Banjar. Jurig Sarengseng dari Desa Binangun, Reog Dongkol dari Desa Karyamukti dan Manuk Janur dari Desa Cibeureum.

“Tiga kesenian asli Kota Banjar ini pernah menjadi perwakilan Kota Banjar pada kegiatan Helaran Seni tingkat Provinsi Jawa Barat di Monumen Perjuangan, Bandung, dan perwakilan Provinsi Jawa Barat pada Hari Ulang Tahun Taman Mini Indonesia Indah (TMII),” kata Oom.

Masih kata Oom, selain menjadi langganan untuk mewakili Kota Banjar dalam event Provinsi atau Nasional. Tiga kesenian asli Kota Banjar ini pun, sering menjadi bintang tamu dalam berbagai event. Salah satunya menjadi bintang tamu dalam rangka hari jadi Kabupaten Garut dan tampil memeriahkan event Galuh Ethnic Carnival.

“Dalam event Asian African Carnival yang digelar di Bandung pada 28 April 2018, Jurig Sarengseng berhasil menyabet gelar juara 3 se-Asia Afrika,” tutup Oom.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter