Fokus Kab Ciamis Sosial

Pilkades Serentak di Ciamis Diundur, PPDI Apresiasi Upaya Bupati Ciamis, Ini Pesannya

Reporter : Alvine

KAB.CIAMIS, FOKUSPRIANGAN.ID – Secara virtual, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra mengumumkan bahwa pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang rencana digelar tanggal 15 Agustus, ditunda hingga selesai pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

Terkait Penundaan Pilkades, sejak munculnya surat edaran dari Kemendagri tanggal 10 Agustus, PPDI kab Ciamis sudah memberikan sumbang saran dan dukungan kepada Bupati Ciamis.

Hal tersebut diungkapkan Sekertaris Umum (Sekum) PPDI Akhmad Himawan kepada fokuspriangan.Id, melalui pesan singkat whatsapp pada Rabu (12/8/2030).

“Sejak awal kami memberikan pandangan bahwa setelah membaca surat edaran pertama dari Kemendagri pada 25 Maret 2020, PPDI berpandangan tidak ada celah untuk melanjutkan tahapan Pilkades sebelum pilkada serentak. Tetapi jika pemkab membuat keputusan untuk melanjutkan tahapan PPDI siap menjaga kondusifitas,” terang Kaur Perencanaan Desa Pawindan yang akrab disapa Mas Ahim ini.

Setelahnya, pada Senin 10 Agustus beredar Surat Edaran dari Menteri Dalam Negeri tentang Penundaan Pelaksanaan Pemilihan Kepala di Desa (Pilkades) Serentak dan Pemilihan Seluruh Indonesia Kepala Desa Antar Waktu (PAW).

Dikatakan Mas Ahim PPDI sangat mengapresiasi usaha Pemkab Ciamis khususnya Bupati Ciamis Herdiat Sunarya yang telah bergerak langsung ke Ibu Kita untuk melobi Kemendagri.

“Sejak ditunda lantaran Covid 19, sampai kemudian dilanjutkan setelah ada nya audiensi dan desakan beberapa pihak, PPDI menilai Bupati sudah melakukan langkah yang tepat, salah satu nya dengan melakukan komunikasi sebelum melanjutkan tahapan,” ungkapnya.

PPDI melihat surat edaran kemendagri pada tanggal 10 Agustus sebagai bagian yang berbeda.

“Asumsi kami, surat penundaan keluar karena sebelum nya sempat dilonggarkan dan di ijinkan. Tetapi kami sadar betul, bahaya Covid 19 masih sangat besar. Selanjutnya, PPDI megintruksikan seluruh perangkat desa untuk menjaga kondusifitas desa dan wilayahnya masing-masing,”pungkasnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter