FOKUS SUKABUMI Pariwisata

Ada 3 Danau di Goa Baduy Cimangu Sukabumi

Reporter : Rusdi

SUKABUMI.FOKUSPRIANGAN.ID – Pesona Kabupaten Sukabumi memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta alam, kabupaten yang terkenal dengan Slogan GURILAPS (Gunung, rimba, Laut Pantai, sungai dan seni budaya) ini mampu memanjakan para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburnya dengan beragam destinasi wisata yang eksotis dan berkesan. Selain Geopark Ciletuh, Palabuhanratu dengan keindahan pantainya, baru baru ini banyak bertebaran foto foto tempat wisata baru berupa pegunungan dan keindahan lainnya di media sosial.
Ya !!! itu adalah Goa Baduy yang terletak di Kampung Palayangan Legok Picung Rt.01/01 Desa Sukamanah Kecamatan Cimanggu Kabupaten Sukabumi.

Menurut sejarah leluhur, goa ini merupakan tempat persembunyian pribumi dari serangan serdadu Belanda sebelum Indonesia merdeka. 
Nama goa baduy sendiri diberikan sejak 40 tahun lalu saat seorang Baduy luar yang bernama Karsim masuk ke dalam goa tersebut untuk mencari kelelawar dan mulai mengenal karakteristik goa tersebut.

Goa Baduy memiliki Panjang ± 700 M, lebar 4 sampai 10 M, kedalaman ± 50 M, tinggi 6 sampai 12 M, di dalam goa tersebut terdapat sungai Ciawitali Leuwi Surupan yang bisa dilalui oleh pengunjung, di dalam Goa Baduy juga terdapat 3 danau. Mulut Goa Baduy terletak di Kampung Palayangan dan ujungnya terletak di Kampung Surupan Desa Sukamanah Kecamatan Cimanggu.

Stalagmit menjadi ciri khas dari goa ini yang merupakan kumpulan kalsit yang berasal dari air yang menetes, serta Stalaktit yaitu jenis speleothem yang menggantung dari langit-langit gua kapur dari pengendapan kalsium karbonat dan mineral lainnya. Selain hidup sekumpulan kelelawar, yang lebih menarik didalam goa terdapat danau yang bisa digunakan sebagai arena bermain.

Menurut Camat Cimanggu, Abdul Naafi AR, saat ini penataan goa tengah dilakukan oleh masyarakat dan kelompok pemuda (Karang Taruna) sekitar yang bersinergi dengan pemerintah Desa Sukamanah dan Kecamatan Cimanggu seperti Pembuatan Gapura, Saung Rineh/Istirahat, Pembuatan tangga, Jembatan, Bendungan dan Tanggul Penahan Tanah, Penerangan/pencahayaan serta Spot Selfie.

“Untuk kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung, pengelola akan berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait untuk melengkapi kebutuhan alat Kemananan/Safety seperti sepatu boot, pelampung, helm, senter, perahu karet, tambang besar dan gantungan lampu,” katanya, Rabu (12/08/2020).

Abdul Naafi menambahkan, untuk pengembangan kedepannya, pengelola berencana akan menyediakan wahana yang menarik untuk para pengunjung seperti Outbond, Flaying Fox dan Panjat tebing. ” Untuk progres penataan Wisata Goa Baduy kedepan, pengelola akan menampilkan Wisata sejarah geologi terbentuknya Gua Baduy, Wisata Budaya dibuatkannya Replika Kampung Adat Baduy Luar, Wisata Agro penanaman ratusan bibit buah buahan dan sayuran di area Wisata, serta Wisata Edukasi, semoga rencana besar ini mendapat dukungan dari semua pihak,” ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa hal ini sangat sejalan dengan arah pembangunan berbasis kawasan, khusus nya Kecamatan Cimanggu umum nya Kabupaten Sukabumi. “Sesuai arahan Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami bahwa setiap daerah agar mendorong sektor pertanian dan pariwisata dengan menggali potensi alam, pemberdayaan masyarakat, peningkatan ekonomi, dan Kelestarian alam, dan mudah-mudahan salah satunya dengan penataan goa ini bisa meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar,” pungkasnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter