Fokus Kab Tasik Pemerintahan Sosial

Ratusan Masyarakat Desa Karangmulya Terima Sertifikat Tanah Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap Tahap Satu

Reporter : Anton

KAB TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Masyarakat Desa Karangmulya Kecamatan Jamanis, Kabupaten Tasikmalaya telah mendapatkan sertifikat tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2020 tahap ke satu.

Setidaknya, ada 100 bidang yang dibagikan kepada masyarakat setempat di Gedung Olahraga Desa Karangmulya, Jumat (7/8/20). Ratusan sertifikat tanah itu diberikan langsung oleh Asep Supriatna
Sub Bagian Tata Usaha Kantor Agraria Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Tasikmalaya.

Dalam kesempatan itu pemberian secara simbolis oleh Wahyudi Hartono selaku Kepala Desa Karangmulya dan Sekmat Jamanis Suherman, S.STP, serta Gojim Ketua PTSL Desa Karangmulya kepada warga yang menerima program tersebut.

Asep Supriatna Sub Bagian Tata Usaha, Kantor Agraria Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Tasikmalaya, dalam sambutanya menyampaikan untuk sekarang ini kami baru memberikan 100 sertifikat, untuk Desa Karangmulya ini yaitu untuk tahap ke satu dan Insya Alloh di Desa Karangmulya ini sekitar 1000 sertifikat sudah hampir selesai, jadi yang belum menerima harap bersabar dulu karena pemberiannya secara bertahap,”Kata Asep.

“Kami ingin membuktikan bahwa kami itu bekerja dan kami tidak menunggu sampai dengan akhir tahun anggaran baru dibagikan. kami tahu masyarakat sangat membutuhkan makanya secara bertahap, yang minggu kemarin di desa Condong dan minggu ini dilakukan di desa Karangmulya dan Insya Alloh untuk minggu depan di desa Bojonggaok. Dan kami berpesan kepada bapak dan ibu tolong dijaga sertifikat nya jangan sampai rusak dan jangan dipinjamkan ke orang lain serta disimpan baik baik. Kalau pun untuk berusaha itu dilakukan di Bank pemerintah jangan di Bank emok,”Ujarnya.

Sementara Wahyudi Hartono Kepala Desa Karangmulya mengatakan, bahwa program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2020, di desa Karangmulya harus di manfaatkan dengan baik oleh masyarakat, karena program ini tidak muncul berkali kali setiap tahunya. Bagi masyarakat yang sudah menerima sertifikat tolong di jaga dan di simpan dengan baik,”Ucap Wahyudi.

Lanjut Wahyudi sertifikat tersebut bisa di gunakan untuk meminjam ke pihak perbank an sebagai anggunan, seperti untuk penambahan modal usaha.
Dan berharap untuk masyarakat dengan adanya program ini masyarakat sangat terpuaskan dan bisa terjawab oleh masyarakat, karena waktu kebelakang program seperti ini, pengukuran tidak pernah terlaksanakan atau tidak pernah terjadi sampai seperti sekarang maka harapan saya masyarakat itu terpuaskan dengan adanya program PTSL ini.”Katanya.

Di tempat yang sama Suherman, S.STP, Sekmat Jamanis menambahkan, jikalau masyarakat ada permasalahan yang berhubungan dengan sengketa tanah. Masyarakat sudah memiliki sertifikat sudah memiliki legalitas yang kuat.
Adapun tujuan dari program ini
bahwa untuk memajukan atau pun memberikan kesejahteraan kepada masyarakat melalui sertifikat ini.
kita bisa meminjam istilahnya ke pihak tertentu sertifikat ini bisa kita jaminkan secara otomatis disaat pandemi ini kondisi perekonomian kita mulai melemah dan mudah – mudahan melalui program ini bisa menjadi lebih baik masyarakat.”Imbuhnya.

Masih dikatakan Suherman kami mengucapkan terimakasih program PTSL ini telah dilaksanakan dengan baik, oleh ketua panitia khususnya dan kepada masyarakat atas kerjasamanya. Mudah-mudahan Program PTSL ini bisa terus berjalan khususnya di Kecamatan Jamanis dan umumnya di Kabupaten Tasikmalaya, juga bisa memberikan manfaat yang lebih kepada masyarakat .

Untuk di kondisi pandemi saat ini masih terus berlangsung oleh sebab itu kami mohon dan mengharapkan bantuan dari masyarakat, untuk secara terus menerus memberikan himbauan kepada warga masyarakat supaya terus menerus menerapkan protokol kesehatan ,yaitu menjaga jarak, memakai masker dan rajinlah cuci tangan. Dan Kabupaten Tasikmalaya akan melaksanakan Pemilihan Umum kepala Daerah kami mengharapkan masyarakat bisa mensosialisasikan secara terus menerus bahwa tanggal 9 desember 2020 Kabupaten Tasikmalaya akan melaksanakan pemilihan Kepala Daerah,”pungkasnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter