FOKUS SUKABUMI Sosial

Perpustakaan Keliling Layani Warga Binaan Lapas Kelas IIB Sukabumi

Reporter : Rusdi

SUKABUMI.FOKUSPRIANGAN.ID – Adanya perpustakaan keliling di Lapas Kelas IIB Sukabumi, dapat meningkatkan minat baca para warga binaan pemasyarakatan.
Keberadaan layanan ini ditandai dengan kedatangan mobil perpustakaan keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi, Jumat (7/8/2020).

Rencananya layanan perpustakaan keliling akan dilaksanakan dua pekan sekali di Lapas Sukabumi yakni setiap hari Jumat pekan pertama dan ketiga, dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.” Layanan perpustakaan keliling keLapas Sukabumi diinisiasi Lapas sejalan dengan pembinaan kepribadian meningkatkan kemampuan intelektual melalui minat baca warga binaan pemasyarakatan,” ujar Kepala Lapas Kelas IIB Sukabumi Yosafat Rizanto.

Hasilnya, ujar Yosafat, para warga binaan sangat antusias memilih bahan bacaan dengan mengisi buku peminjaman yang tersedia. Dalam waktu dekat juga, kata Yosafat, akan ditempatkan Kotak Literasi Cerdas (Kolecer) di lingkungan Lapas Sukabumi. Upaya ini sebagai salah satu dukungan Dinas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi terhadap penyediaan bahan bacaan bagi warga binaan. “Targetnya, sejumlah upaya ini mampu meningkatkan kerja sama dan berkolaborasi dengan stakeholder dalam bidang pembinaan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan. Selain itu meningkatkan layanan pemasyarakatan khususnya pembinaan berbasis HAM dengan menyediakan bahan bacaan bagi Warga Binaan Lapas Sukabumi,”ujarnya.

Yosafat mengatakan,i sisi lain kegiatan ini dalam upaya meningkatkan kualitas pembinaan kepribadian dan kemampuan intelektual melalui minat baca. Sehingga dapat menjadi bekal ketika WBP ketika keluar dari Lapas.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Sukabumi Gabril M Sukarman mengatakan, pihaknya sangat bersyukur masih ada instansi pemerintah yang meminta adanya layanan perpustakaan keliling.
“Kami berharap kerjasama ini besa berjalan dengan baik dan berkelanjutan,” tandasnya.

Flag Counter

Berita Populer

Flag Counter