Fokus Kab Ciamis Sosial

Forum Komunikasi BPD Kabupaten Ciamis Beberkan Pelaporan Dugaan Tanda Tangan Palsu Sekdes Baregeg

Reporter : Alvine

KAB.CIAMIS.FOKUSPRIANGAN.ID – Kontroversi Pelaporan Ketua BPD Baregbeg, Lakbok ke Aparat Penegak Hukum (APH) di tanggapi Forum Komunikasi BPD Kabupaten Ciamis adalah merupakan langkah yang benar dilakukan Pihak BPD Baregbeg.

Tanda Tangan Palsu Sekdes Baregbeg Kecamatan Lakbok Kabupaten Ciamis, Forum Komunikasi BPD Kabupaten Ciamis menyampaikan kepada fokuspriangan.id saat ditemui Kamis, (06/08/2020) bahwasanya saya menganggap hal yang dilakukan oleh Sekdes Baregbeg tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Mestinya itu, BPD ikut membahas dan menyepakati. Dengan mengukuhkan tanda tangan kesepakatan antara BPD dan Kepala Desa. Selama ini Ketua BPD Baregbeg Periode 2014-2019 sebelum saya, tidak pernah dilibatkan bahkan mengepakati perihal tersebut. Itulah yang menjadi alasan kami karena ada dugaan penyalahgunaan wewenang menandatangani kesepakatan tersebut diluar Ketua BPD Desa Baregbeg yang dilakukan oleh terlapor,” Ungkap Ketua BPD Desa Baregbeg Said Saluri Periode 2019-2024.

Maka dari itu melaporkan Sekdes Baregbeg kepada APH ( Aparat Penegak Hukum), kami juga sudah menempuh jalur administrasi baik itu ke Desa maupun Kecamatan dan tidak ada jawaban ataupun tanggapan, pada akhirnya kami konsultasi kepada inspektorat, apakah BPD itu dalam kesepakatan APBDES harus diikutsertakan dan menandatangi. Dan jawaban dari inspektorat Itu wajib harus dilakukan oleh BPD, selama ini Ketua BPD tidak pernah menandatangani tetapi dana desa tetap masuk ke Desa Baregbeg, itulah yang membuat kami melaporkan hal tersebut kepada APH ( Aparat Penegak Hukum),” Tambah Ketua BPD Desa Baregbeg Said Saluri.

“Harapan untuk kedepannya, tata kelola Pemerintahan Desa itu harus baik, harus melibatkan BPD karena tupoksinya jelas jangan sampai dikesampingkan, kami diberi SK oleh Bupati sama dengan Kepala Desa, jadi harus ada keselarasan antara BPD dan Pemerintahan Desa ataupun Kepala Desa demi pembangunan Desa yang lebih baik lagi,” Pungkasnya.

Sementara itu Ketua Forum Komunikasi BPD Kabupaten Ciamis Abu Daskar menuturkan semua yang terjadi di Desa Baregbeg adalah pembelajaran untuk semua BPD dan Pemerintahan Desa. “Kami dalam hal ini dengan yang dilakukan oleh BPD Desa Baregbeg sesuai dengan Tugas dan Fungsinya BPD sangat kami dukung, dan ini dapat menjadi suatu pembelajaran untuk kedepannya,” Tutur Abu.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter