FOKUS SUKABUMI Pemerintahan Sosial

BLT Dana Desa Diperpanjang Hingga Desember

Reporter : Rusdi

SUKABUMI.FOKUSPRIANGAN.ID – Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa akan diperpanjang hingga Desember. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sukabumi Thendy Hendrayana mengatakan, informasi terkait perpanjangan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa sudah diterimanya. “Kalau informasi soal perpanjangan sudah saya terima, namun soal penambahan anggaran secara resmi belum terima,” jelasnya kepada wartawan, Rabu (5/8/2020).

Thendy menyebut, total Dana Desa (DD) dari 381 desa di Kabupaten Sukabumi pada tahun anggaran 2020 ini adalah Rp 370.128.471.000. Dari jumlah DD tersebut, yang dialokasikan untuk BLT di Kabupaten Sukabumi sebesar Rp 112.560.408.850. “Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima BLT di 381 desa itu jumlahnya 62.531, tahap pertama selama tiga bulan, kedua juga tiga bulan. Jadi, apabila anggarannya mencukupi tahap ketiga juga tiga bulan,” sebutnya.

Untuk mekanismenya BLT DD sebelumnya, desa yang memperoleh Dana Desa (DD) di bawah Rp 800 juta kebawah maka alokasi BLT maksimal 25 persen. Jika desa memperoleh Rp 800 juta – Rp 1,2 miliar maka alokasi BLT maksimal 30 persen, dan jika desa memperoleh di atas Rp 1,2 miliar maka alokasi BLT 35 persen. “BLT Dana Desa sendiri disalurkan melalui dua gelombang, yakni gelombang pertama diberikan pada April (tahap I), Mei (Tahap II), dan Juni (Tahap III) masing-masing Rp600 ribu per KPM per bulan. Sedangkan gelombang kedua diberikan pada Juli (Tahap IV), Agustus (Tahap V), dan September (Tahap VI) masing-masing Rp300 ribu per KPM per bulan,” ujarnya.

Untuk penyaluran BLT, Thendy tidak terlalu mengkhawatirkan karena untuk yang mendata KPM penerima BLT dana desa murni dilakukan masing-masing desa. Hasil pantaunnya penyalauran BLT lancar dan kondusif serta memperhatikan protokol kesehatan demi mencegah Covid-19. “Selama ini penyaluran BLT DD di Kabupaten Sukabumi selalu 100 persen, karena memang potensi maslah cukup rendah karena pendataan dan verifikasi dilakukan oleh masing-masing desa,” tandasnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter