Fokus Kab Tasik Hukum dan Kriminal

Tiga Anggota Komplotan Curanmor Dibekuk Aparat Polres Tasikmalaya

Redaksi
TONTON VIDEONYA:

KAB.TASIK.FOKUSPRIANGAN.ID -Tiga orang anggota Komplotan pencuri sepeda motor (curanmor) yaitu SA (26), DR (16), dan AS (23), berhasil dibekuk aparat Polsek Leuwisari dan aparat Satreskrim Polres Tasikmalaya, Polda Jawa Barat, ketiga pelaku di tangkap di tempat yang berbeda
Berdasarkan informasi yang diperoleh menyebutkan, pengungkapan kasus curanmor tersebut berawal dari Kecemburuan salah satu anggotanya. SA (26) cemburu melihat istrinya dibonceng seorang pria warga Desa Rancapaku Kecamatan Padakembang (19/7/2020). SA kemudian mengajak pelaku lain untuk mengeroyok korban hingga luka berat. “Ini komplotan curanmor terungkap berawal dari kecemburuan salah satu anggotanya yang mengetahui istrinya diajak jalan pria lain. Dia ngajak temannya mengeroyok korban, kita amankan. Ternyata dalam perjalanannya ditemukan kunci leter T hingga akhirnya terungkap pencurian yang dilakukan komplotan ini”, kata AKP Siswo Tarigan SIK, Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya, saat Rilis selasa (04/08/2020).

Dihadapan polisi, Ketiganya mengaku sudah melakukan pencurian motor di 17 tempat kejadian perkara. Mereka mencuri motor di Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Banjar Hingga Kota Tasikmalaya.

Dikatakan Siswo, modus pelaku dengan menggunakan leter T Serta Menebar Bubuk Cabai jika dipergoki korbanya. Motor diambil saat korban kesakitan terkena bubuk cabai. “Modusnya pelaku ini bawa bubuk cabai dan digunakan untuk lukai korbanya jika dipergoki, cabai ditebar agar pelaku bisa kabur,” ujarnya.

Menurut Siswo, tiga tersangka mempunyai peran berbeda. Pelaku SA berperan melihat kondisi TKP dan mengantarkan saudara DR ke TKP menggunakan motor termasuk sebagai eksekutor merusak kunci. Sementara AS menerima barang curian atau penadah. “AS berperan menampung kendaraan curian untuk dijual, dari keterangan penadah dia secara berulang sudah kebiasaan menjual motor curian. Hingga dijual per unit motor Rp 2,5-3 juta,” ucapnya.

Siswo mengungkapkan, total melakukan aksi pencurian lebih dari 17 TKP, diantaranya di Ciamis, Kota/Kabupaten Tasikmalaya. Barang bukti yang diamankan, selain kunci later-T untuk membongkar kunci motor, juga tujuh kendaraan roda dua hasil curian dan serbuk cabe yang digunakan para pelaku untuk membela diri ketika aksinya dipergoki warga.

“Akibat perbuatanya pelaku dikenakan pasal berlapis yakni pasal 363 KUHP, pasal 170 KUHP dan pasal 481 KUHP dengan pidana penjara tujuh tahun,” tandasnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter