Fokus Kab Ciamis Pemerintahan

Bupati Herdiat : Kita Harus Sukses Dalam Pelaksanaan Pilkades

Reporter : Alvine
Humas Setda Ciamis

KAB.CIAMIS,FOKUSPRIANGAN.ID – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Ciamis akan diselenggarakan pada 15 Agustus 2020. Sebanyak 143 Desa dari 27 Kecamatan di Kabupaten Ciamis akan melaksanakan pemilihan langsung.

Guna mempersiapkan pelaksanaan Pilkades Serentak, Bupati Ciamis bersama unsur Forkopimda dan SKPD terkait menyelenggarakan rapat virtual persiapan pelaksanaan pilkades serentak dari Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Selasa (4/8/2020). Turut ikut serta Camat dan Pjs Kepala Desa se-Kabupaten Ciamis dari kantor Kecamatan daerahnya masing-masing.

Dalam sambutannya Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, Pelaksanaan Pilkades perlu ada persiapan matang untuk menyiapkan segala sesuatunya. Mengingat saat ini masih dalam situasi Pandemi COVID-19.

“Kita harus sukses dalam pelaksanaan Pilkades. Namun harus tetap mempedomani protokol kesehatan agar menghentikan penyebaran COVID-19 dan tidak ada klaster baru,” katanya.

Ia mengungkapkan, sebanyak 143 Desa yang melaksanakan Pilkades Serentak akan disebar menjadi 553 Tempat Pemilihan Suara ( TPS ).

“Setiap desa akan dibagi menjadi 3 sampai 5 TPS, dengan mempertimbangkan jumlah massa pemilih yang ada di Desa bersangkutan,” kata Herdiat.

Menurutnya, dengan tersebarnya 553 TPS, bertujuan untuk mengurangi waktu antrian kerumunan masyarakat yang akan menunaikan hak pilihnya. Untuk kedatangan para pemilih harus diatur dengan pembagian waktu agar tidak menimbulkan penumpukan atau kerumunan massa.

“Kita harus menyukseskan Pilkades Serentak, diharapkan para Camat harus mampu menjalin kerjasama dengan pihak pengamanan baik TNI, POLRI dan Panitia untuk mengatur jadwal kedatangan atau jumlah pemilih yang datang ke TPS,” ucap Herdiat.

Herdiat menghimbau, agar penyelenggaraan Pilkades untuk mempedomani protokol kesehatan. Pada pelaksanaannya wajib pakai masker, lakukan pengecekan suhu tubuh, harus tersedianya tempat cuci tangan berikut sabun atau hand sanitizer .

“Pilkades serentak harus terlaksana dengan sukses, semoga pelaksanaan pilkades serentak tidak timbul klaster baru kasus Covid-19. Kita mengharapkan sukses dalam pelaksanaan, sukses administrasi dan tentu sukses untuk semuanya “. Imbuhnya

Sementara itu, Wakapolres Ciamis Kompol Hidayatullah menjelaskan, ada 26 Desa yang masuk kedalam kategori rawan dan 10 desa kategori sangat rawan.

“Rawan tersebut artinya daerah atau desa tersebut pernah terjadi konflik sosial atau bencana alam. Sehingga untuk kategori kriteria pengamanan pelaksanaan Pilkades serentak ini terdapat 4 (empat) kriteria, dimulai dari kriteria aman, rawan, sangat rawan dan Khusus. Namun untuk ciamis ini tidak ada kategori Khusus,” Jelas Hidayatulloh.

Ia menerangkan, Personil dari Polres Ciamis dibantu siap mengamankan pelaksanaan Pilkades agar berjalan kondusif tanpa adanya ekses yang menghambat.

“Kita siap bantu pengamanan pelaksanaan Pilkades Serentak, dan meminimalisir terjadinya permasalahan dalam pelaksanaanya,” terang Kompol Hidayatulloh.

Ditempat yang sama, Dandim 0613 Ciamis Kapten CZI Mulya Harnedi, SH menegaskan, Kodim siap dengan jumlah mengamankan kegiatan Pilkades Serentak. Personilnya akan dikerahkan sampai tahap akhir sebanyak 610 orang, di setiap tahapnya ada 143 orang yang.

“Mari kita sukseskan Pilkades serentak ini dengan cara profesional, netral, bekerja ikhlas, berkerja tuntas. Sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar, sukses, aman,kondusif, jujur dan adil,” ujarnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter