Fokus Kota Banjar Pariwisata Sosial

Potensi Agrowisata Desa Waringinsari

Reporter: Zaenal Abidin

KOTA BANJAR.FOKUSPRIANGAN.ID – Berawal dari swadaya masyarakat, budidaya belimbing madu Desa Waringinsari Kecamatan Langensari Kota Banjar menjelma menjadi potensi Agrowisata yang menjanjikan.

Menyadari akan potensi tersebut, Kepala Desa Waringinsari, Kuswanti, saat ditemui Fokus Priangan.id di kantornya, menyampaikan, di tahun 2021 Desa Waringinsari akan lebih memantapkan lagi potensi Agrowisata di Desanya.

“Support dari Pemkot bahkan dari Pemprov sudah sangat bagus, sudah terjalin sinergitas yang baik, untuk itu pihak kita akan terus menggali potensi ini,” ucapnya. Kamis (30/7/2020).

Yang istimewa dari belimbing madu Waringinsari, adalah rasanya yang manis, memiliki tekstur yang lembut dan serat yang halus. Tidak heran, yang datang berkunjung bukan hanya dari Kota Banjar saja, pengunjung dari luar kota pun banyak berdatangan untuk menikmati belimbing madu Waringinsari.

“Sampai saat ini sudah ada 4 ribuan pohon, semuanya dikelola oleh kelompok tani. Pihak Pemdes hanya mengarahkan dan mensupport,” kata Kuswanti.

Kuswanti menambahkan, kedepannya selain mengembangkan belimbing madu, pihaknya juga akan mendorong kelompok tani untuk terus berinovasi mengembangkan varietas tanaman baru agar bisa menjadi potensi Agrowisata unggulan seperti belimbing madu.

“Yang terbaru, minggu kemarin, salah satu kelompok tani menanam melon, sekitar 4.300 an yang ditanam, semoga bisa sebagus belimbing madu,” tandasnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter