Fokus Kota Tasik Sosial

Asep Rizal :PGM Harapkan KBM Tatap Muka Dapat Segera Dilaksanakan

Reporter : H Amir

KOTA TASIK, FOKUSPRIANGAN.ID – Mengambil tempat di Ruang Serbaguna DPRD Kota Tasikmalaya, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perkumpulan Guru Madrasah (PGM) Kota Tasikmalaya menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang bertema ” Meninjau Ulang Kebijakan Belajar Dari Rumah Pada Zona Biru di Kota Tasikmalaya, Selasa (28/07/2020).

Dalam forum diskusi tersebut yang menjadi narasumber antara lain Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya Gilman Mawardi, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Budiaman Sanusi, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Tasikmalaya H Asep Barhia, S.Ag.M.Pd I dan Kabag Ops Polres Tasikmalaya Kota Kompol Shohet.

Ketua DPD PGM Kota Tasikmalaya Asep Rizal Asy’ari menuturkan bahwa pada kegiatan diskusi ini terkait dengan kebijakan Pemerintah masalah zona hijau sistem belajar.

“Pada pertemuan ini para undangan yang hadir berharap untuk dapat dibuka dengan segera sistem belajar secara tatap muka. Namun dilain pihak ada kekhawatiran yang luar biasa yang dilakukan oleh Pemerintah, ketika diterapkan belajar dengan secara tatap muka dan terjadi penyebaran virus di sekolah atau lembaga pendidikan tersebut nantinya akan menjadi musibah. Kami berharap Pemkot Tasikmalaya melakukan sesuatu yang berbanding lurus, menurut kami protokol kesehatan di dunia pendidikan luar biasa ketat. Sementara di beberapa lokasi seperti di Bungursari dan Mangkubumi hanya berjarak beberapa meter dari tempat pendidikan malah dibuka kegiatan pasar malam yang tentunya mengundang anak-anak berkunjung ke tempat tersebut. Dalam permasalahan ini kenapa kalau protokol kesehatan diperuntukkan hanya untuk dunia pendidikan dalam arti kegiatan belajar dilakukan secara daring bukan tatap muka, sementara kegiatan pasar malam yang mengundang massa malah dibuka. Hasil diskusi tersebut para stakeholder pendidikan akan bertemu dengan Sekda dan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya terkait dengan sejauh mana Pemkot Tasik serius dalam penanganan Covid-19,” ucapnya

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Budiaman Sanusi mengatakan
Dinas itu kan formal, pihaknya akan merujuk ke perintah dari Pemerintah secara berjenjang dari pusat sampai daerah, ketika tatap muka tidak diperkenankan untuk semua jenjang pendidikan, maka kami mengikuti akan hal itu selama kebijakannya seperti itu,”.

“Kebijakan tersebut merupakan hasil buah pemikiran dan keputusan dari Pemerintah Pusat, yang mempunyai konsen terhadap keselamatan anak didik, tenaga guru, orang tua siswa menjadi yang paling diutamakan. Harapan kami mudah-mudahan Kota Tasikmalaya berzona hijau yang memungkinkan untuk bisa tatap muka, menuju zona hijau tersebut Kami mohon untuk bersabar dan disiplin untuk semua jenjang pendidikan maupun masyarakat.
Sekolah merupakan salahsatu lembaga yang sangat rentan menurut Budiaman, apalagi tingkat pendidikan dasar dan maka dari itu Kepala Dinas Pendidikan tersebut proktetif atau belajar melalui daring di rumah masing-masing,” tutupnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter