Fokus Cianjur Sosial

PMI Tidak Kunjung Pulang Selama 15 Tahun, GARDA BMI Layangkan Surat Pada Pemerintah

Reporter : Andri.S

KAB.CIANJUR.FOKUSPRIANGAN.ID – Dalam upaya membantu kepulangan Yuyu Binti Engkos, Warga Kecamatan Ciaklong Kulon, Kabupaten Cianjur, yang menjadi PMI (Pekeeja Migran Indonesia) di Taif ( Arab Saudi ) LSM GARDA BMI Telah menayangkan surat kepada beberapa intansi yang terkait, surat di tayangkan dengan harapan kepulangan yuyu di segerakan, sehingga Yuyu dapat berkumpul kembali dengan keluarganya.

Sebelumnya Yuyu dikabarkan tidak kunjung pulang selama 15 tahun lamanya, semenjak dia berusia 16 tahun.

Pada Tahun 2007 Yuyu Binti Engkos diberangkatkan ke Naif Arab Saudi Oleh PT.TIRTAMA MEGAH ABADI dengan bantuan Seponsor.

Menurut informaso yang di himpun awak media, dalam kurun waktu 15 tahun bekerja, Yuyu hanya mengirimkan uang senilai kurang lebih seratus juta rupiah, tentu itu tidak sesuai dengan lama iya bekerja. Selain itu pula, keluarga Yuyu sempat kesulitan menghubungi Yuyu, namun setelah paman Yuyu ( H. Amang ) dengan seponsor dan dibantu pemerintahan daerah kini keluarga Yuyu dapat berkomunikasi, namun menurut paman Yuyu ada keganjilan dalam berkomunikasi, sebab ketika Paman korban melakukan Vidio call Yuyu tidak mau memperlihatkan mukanya Yuyu hanya mau memunggunginya saja. Selain itu pula, saat di tanya dan di urusi kepulangannya Yuyu beralasan betah tinggal di Arab Saudi.

Hal itu menambah kehawatiran keluarga, karena alasan Yuyu menurut keluarganya tidak masuk akal.

“Ya, kami sudah menayangkan surat ke Kemlu dan Intasi tetkait, hal ini agar Yuyu segera di bantu kepulangannya walaupun Yuyu beralasan betah.” Tandas Elan Ketua GARDA BMI, melalui sambungan Whatsap, Minggu 26 Juli 2020.

Sambung Elan.” Sebelumnya Paman Yuyu sudah melakukan upaya agar Yuyu di pulangkan namun Yuyu beralasan betah disana, dan dari upaya itu, keluarga Yuyu akhirnya bisa berkomunikasi walaupun ada beberapa ke ganjalan, seperti saat di vidiocall Yuyu tidak mau memperlihatkan wajahnya.Maka dari situ keluarganya meminta bantuan agar Yuyu di pulangkan apapun alasannya. Dan meminta kepada pemerintah agar segera meresfon keinginannya.” Ujar Elan.

Elan membenarkan bahwa menurut keterangan keluarganya, dalam waktu 15 tahun Yuyu hanya mengirimkan Uang jika ditotalkan kurang lebih hanya seratus jutaan, tentu itu tidak sesuai dengan lama Yuyu bekerja.

“Iya, pada saat kami berkunjung kerumah pamannya, paman Yuyu mengatakan bahwa dihitung hitung, Yuyu hanya mengirimkan Uang jika ditotalkan itu hanya Seratus Juta rupiah. Tentu itu tidak sesuai dengan lama Yuyu bekerja.” Terang Elan.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter