FOKUS SUKABUMI Pendidikan Sosial

Di Masa Pandemi Covid-19 SDN Pasawahan Kecamatan Cicurug Terapkan Program Guling

Reporter : Rusdi

SUKABUMI.FOKUSPRIANGAN.ID – Sekolah Dasar Negeri ( SDN ) Pasawahan Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, di masa pandemi Covid-19 memberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan kunjungan guru keliling ( Guling ) ke rumah-rumah siswa.

Cara ini menurut Teti salah seorang guru SDN Pasawahan dianggap lebih efektik karena bisa bertatap muka secara langsung. Informasi yang diperoleh menyebutkan, sebelumnya SDN Pasawahan menerapkan system daring, tapi dianggap kurang efektif dan banyak kendalanya, tapi setelah menerapkan program Guling ternyata lebih efektif. “Proses belajar mengajar tatap muka dilakukan di salah satu rumah siswa, dengan jumlah siswa sebanyak tujuh orang siswa, dan dilakukan dengan memenuhi protokol kesehatan,” kata Teti kepada FokusPriangan, Senin (27/7/2020).

Para siswa yang tujuh orang tersebut, ujarnya, menjaga jarak dan memakai masker, sebelum belajar memakai handsanitizer baik guru maupun siswa. “Proses belajar mengajar pun dilakukan seminggu sekali secara bergiliran, untuk hari ini dilakukan di kelompok Kampung Pasawahan, untuk ke esokannya dilakukan di kelompok kampung lain, terus secara rutin bergiliran,” terang Teti.

Menurutnya pembagian kelompok di dasarkan kampung tempat tinggal siswa, masing-masing kelompok maksimal 7 orang siswa. “Pembelajaran dimulai pukul 08.00 wib, dilakukan selama 2 jam setiap harinya,”kata Teti.

Diakuinya, memang proses KBM seperti membuat guru agak repot, pasalnya setiap hari guru dituntut berkeliling dari satu kampung ke kampung yang lain.
“Ini kami lakukan dengan rasa ikhlas, karena mencerdaskan anak bangsa salah satu adalah tugas kami para guru,” tandasnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter