Fokus Kab Tasik Pemerintahan

Pemkab Tasikmalaya Launching Percepatan Sertifikat Tanah Wakaf dan Kas Desa

Reporter : Anton

KAB TASIK. FOKUSPRIANGAN.ID – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan Launching Percepatan Sertifikat Tanah Wakaf dan Kas Desa, Bertempat di Gedung Olahraga (GOR), Desa Sukahening, Kamis (23/7/20).

Dalam acara turut di hadiri Bupati Tasikmalaya, kepala BPN Kabupaten Tasikmalaya, Muspika Kecamatan Sukahening, para camat se Tasikmalaya Utara, Kepala Desa se Kecamatan Sukahening, Rt dan Rw se Kecamatan Sukahening, Tokoh Agama, serta Tokoh Masyarakat.

H. Ade Sugianto, S.IP, Bupati Tasikmalaya dalam sambutanya menyampaikan mengapresiasi kinerja Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tasikmalaya atas keberhasilannya Program PTSL dan juga pensertifikatan tanah wakaf serta tanah kas desa,”Kata H. Ade Sugianto Bupati Tasikmalaya .

Masih di katakan Ade Sugianto yang sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa keberadaan tanah wakaf biasanya orang tidak peduli dan kemudian kurang kesadaran untuk memberikan jaminan hukum dalam bentuk sertifikat.

“Dengan adanya program Sertifikat Tanah Wakaf ini Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dan BPN maka kita berikan jaminan hukum atas harta-harta wakaf, jangan sampai niat baik Ibadah para Wakaf nanti tidak nyampai pada tujuannya.

Selanjutnya bagaimana para Nasir dalam hal ini pengelola juga memberikan kepastian hukum atas tanah wakaf yang dikelolanya dan kepada warga masyarakat dengan adanya sertifikat ini adanya kepastian hukum.Saya pastikan tidak ada lagi permasalahan-permasalahan sengketa yang urusannya tanah wakaf di Kabupaten Tasikmalaya,”ucapnya.

Bupati berharap agar program ini dapat disambut baik oleh masyarakat karena ini dilaksanakan dengan bekerjasama pihak BPN dan itu gratis, dan masyarakat bersama-sama serta antusias untuk menyelamatkan tanah wakaf dan kas desa di seluruh Kabupaten Tasikmalaya, tandasnya.

Sementara Suwandi, S.H, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tasikmalaya, dalam sambutanya mengatakan Alhamdulillah yang mana semua ini berkat arahan, dan bimbingan Bupati Tasikmalaya, BPN Kabupaten Tasikmalaya se-Provinsi Jawa Barat bisa meraih juara pertama,”katanya

Lanjut Suwandi target dari 120.000 peta di data, dan sertifikat 55.000, Alhamdulillah sudah 100 persen. Rencana akan ada penyerahan sertifikat secara virtual di masing-masing Kabupaten, dan kami bersama teman-teman Insya Alloh nanti dalam acara ulang tahun pertanahan Kabupaten Tasikmalaya akan menyerahkan sertifikat sebanyak 200 bidang dan kalau itu jadi, langsung oleh Presiden.

“Alhamdulilah di tahun ini sudah menginjak ke tanah wakaf, kurang lebih sudah sekitar 45 sertifikat tanah dan khusus untuk Kecamatan Sukahening sebanyak 12 sertifikat kalau tidak salah, dan yang lainnya sedang dalam proses, diakhir tahun Insyaalloh selesai. Begitu juga Aset/Kas Desa sudah sertifikat sampai hari ini sudah selesai 149 sertifikat se-Kabupaten Tasikmalaya.ujarnya

Suwandi menabahkan kami mohon kepada para Kepala desa segera ajukan permohonan pengamanan Aset Desa untuk menyelamatkan aset dan yang penting jangan menghilangkan aset.

Mudah-mudahan kerjasama antara BPN Kabupaten Tasikmalaya bersama Pemda berjalan dengan baik, untuk PTSL ternyata untuk tahun 2020 ini kita memang target bersertifikasi 55.000.”pungkasnya.

Berita Populer

Flag Counter
Flag Counter